0

Legal Drafting.. Mari menulis dan berimajinasi!

Duluuuuuuu, saat saya masih di bangku S1, saya mengambil mata kuliah Legal Drafting.. Dimana mata kuliah ini merupakan mata kuliah kemahiran dan sifatnya pilihan. Entah, angin apa yang membuat saya mau mengambil ini. Lebih ke nekat sih sepertinya! 😀
Setelah, saya mengikuti kuliah, ternyata nggak semengerikan yang pernah teman-teman saya ceritakan. Memang sih, berat bahasannya tapi kalau sudah mulai terjun ya biasa aja *gayaa! 😛

Sebelum Legal Drafting, kita harus membuat Naskah Akademik (NA). NA ini sendiri harus mengandung landasan filosofis, landasan sosiologis, landasan yuridis, dan landasan historis *kalau saya tidak salah* Setelah selesai membuat Naskah Akademik, lanjut ke tahap yang menggemaskan, menyenangkan dan membuat garuk-garuk kepala meski ga ketombean *yang terakhir ini, sifat saya ya* yaitu draft peraturan hukumnya..
Memang saya sudah lupa dengan aturan menulis peraturan hukum itu sendiri.. Seinget saya ada dua hal yang harus diingat oleh seorang legal drafter yaitu

1. Menjadi legal drafter harus banyak membaca karena peraturan yang dibuatnya tidak boleh bertentangan dengan peraturan yang lebih tinggi maupun dengan konstitusi Indonesia (peraturan di bawah UU tidak boleh bertentangan dengan UU atau UU tidak boleh bertentangan dengan UUD 1945) ; dan

2. Menjadi legal drafter harus bisa berimajinasi. Maksudnya adalah dia harus bisa membayangkan bagaimana kualitas peraturan hukum yang dibuatnya terhadap banyak aspek dan individu-individu secara luas dan massal. Jangan sampai peraturan hukum yang dibuatnya hanya berlaku dan efektif dalam hitungan bulan; bahkan jangan sampai baru berlaku efektif, eh sudah banyak pihak yang menggugat ke Mahkamah Konstitusi atau Mahkamah Agung. Malu,kan?

Ohya, Kamis besok, saya akan ikut serta pelatihan Legal Drafting..Asyiiiik.. Selain ilmu ini akan sangat berguna, saya sendiri juga sudah lupa.. Terlebih lagi gratis dan semoga dapat makan siang! (yang ini nggak patut dicontoh!) Tapi, memang itu kesempatan yang menarik bagi para mahasiswa kan?Heheheheee.. Acara yang berbobot dan dapat ilmu, gratis, dan dapat makan siang di tanggal tua (secara juga belum datang kiriman dari ortu)! 😀 What a knowledge heaven! 😀 😀 😀

Waaah,tak sabar nih.. Acaranya seharian full! Dari jam 7.30 hingga 16.00 (kalau molor estimasi sampai 17.00) Mari mari kita belajar menulis dan berimajinasi dengan mengikuti pelatihan.. Buat sumbangsih ke negeri tercinta kita ini! ❤ ❤