Judul Skripsi Hukum Bisnis

Pertengahan tahun 2012, saya bingung mau cari judul tesis apa.. Tapi, saya sudah menentukan sejak awal saya ingin melanjutkan kuliah S2.. Saya ingin membahas tentang Investasi atau Penanaman Modal.. Saya tertarik membahasnya karena
1. Dosen pembimbingnya terkenal baik πŸ˜€
2. Tidak begitu banyak yang membahasnya (untuk di kampus saya lho)

Terus, saya mikir, saya mau ambil judul yang sekiranya penelitiannya di Jogja saja dan saya mau membahasnya dengan menggabungkannya dengan hukum internasional (sesuai dengan konsentrasi saat saya menempuh S1)

Lalu judul tesis saya adalah “Pengaturan Perencanaan dan Promosi Industri Pariwisata di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta” dan Alhamdulillah dapat nilai A πŸ˜€ πŸ˜€

Secara garis besar, saya membahas mengenai sektor pariwisata di Yogyakarta dan dikaitkan dengan kajian peraturan hukum tentang Rencana Umum Penanaman Modal dan perizinannya serta implementasinya. Selain itu, saya juga mengaitkannya dengan perjanjian “provinsi kembar” atau yang dikenal dengan Sister Province yang telah dibuat oleh Yogyakarta (dalam hal ini saya hanya mengaitkannya dengan Prefektur Kyoto, Jepang)

Bagi teman-teman yang ingin berdiskusi mengenai judul hukum bisnis, dengan senang hati saya akan bantu lho! Mungkin HAKI bisa menjadi trending topic atau hukum Pasar Modal, hukum Perbankan, hukum Asuransi dan kaitannya dengan OJK bisa menjadi topik yang menarik juga secara juga masih baru dan masih hangat-hangatnya.. Atau, hukum Investasi *promosi* mengingat negeri kita ini pertumbuhan ekonominya bagus lho *katanya* jadi bisa dikupas tuntas.. Ga ketinggalan, hukum Perdagangan Internasional juga ga kalah menarik lho πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€

Misalnya : Pertanggungjawaban Negara berkaitan dengan Karya Seni ditinjau dari Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2002;Β  Tinjauan Yuridis Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2004 jo Undang-Undang Nomor 23 Tahun 1999 terhadap Peranan Otoritas Jasa Keuangan atas lembaga perbankan dalam masa transisi; atau Perlindungan Nasabah atas terjadinya Manipulasi Pasar atas perdagangan saham (dengan kasus PT X)

Note : Makin bertambahnya pembaca blog saya *khususnya post ini*, ada beberapa mahasiswa yang bertanya terkait dengan Hukum Perdata khususnya Perjanjian dan Penyelesaian Hubungan Industrial. Well,ini sebenarnya, post ini memang diperuntukkan khusus Hukum Bisnis dan jauh dari post Hukum Perdata ditambah lagi Hukum Perdata juga bukan menjadi pilihan mata kuliah (konsentrasi) saya ketika kuliah dahulu (tiap dosen pun juga punya spesialisasi ilmu yang diajarnya dan itu wajar sekali di Fakultas Hukum). Oleh sebab itu, bagi mahasiswa yang ingin bertanya mengenai Hukum Perdata, saya sarankan bisa berkonsultasi dengan dosen/teman kuliah/blogger lainnya yang secara khusus mengambil kuliah tersebut. Akan tetapi, apabila, masih ada yang tetap ingin berkonsultasi dengan saya, saya sarankan untuk memberikan informasi yang tidak terlalu general (umum) mengenai topik yang ingin dibahas dan akan lebih baik apabila disertai alasan dan pengetahuan dasar yang dimiliki. Hal ini diperlukan supaya saya bisa membantu memberikan balasan yang bermanfaat dan mengena bagi kalian yang mengalami kebingungan; sehingga bantuan saya ini bisa efektif dan efisien bagi kalian!

Okee, selamat menulis skripsi ya! πŸ˜€

411 thoughts on “Judul Skripsi Hukum Bisnis

    • Mbak senang topik hukum perdata di bagian mana? Setau saya, topik hukum perdata itu luas, misalnya hukum keluarga, hukum perikatan, PPHI (Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial), Perburuhan/Ketenagakerjaan, dll.. Saran saya, mbak cari bagian spesifik yang mbak sukai. Contoh, mbak suka dengan PPHI.. Mbak bisa kaitkan tinjauan yuridis tentang PPHI dengan kasus di suatu perusahaan yang sedang mengalami masalah PPHI..Akan lebih baik, apabila mbak bisa menemukan 1 kasus sehingga lebih fokus dan tidak keteteran dalam membahasnya.. Syukur-syukur, kasus itu dekat lokasinya dengan domisili mbak (sehingga irit tenaga dan waktu) atau ada koneksi-nya..
      Kalau mbak sudah ketemu topik apa yang disukai dan sudah ada pandangan tentang lokasi kasusnya dimana, bisa diskusi kembali, mbak πŸ˜€

      • Mba saya bingung cari judul hukum bisnis tapi penelitian secara empiris apa ada referensi atau judul yg mba ada ttg yg saya cari? mohon bantuanya

      • Kalau referensi judul saya ga punya mbak. Saran saya mbak banyak baca topik yang mbak senangi lalu cari sudut pandang yang berbeda.. Mbak sukanya topik apa?

    • Kalau menurut saya, judul yang mbak bisa kembangkan seperti ini :
      1. “Peranan Investor baik investor dalam negeri maupun luar negeri dalam Indonesian Stock Exchange menurut Hukum Pasar Modal”
      2. “Aturan Insider Trading (atau jenis pelanggaran pasar modal) dalam Indonesian Stock Exchange menurut Hukum Pasar Modal” saran saya, mbak bisa ambil satu kasus
      3. “Pengaturan Hukum dalam rangka Harmonisasi Hukum Pasar Modal untuk Indonesian Stock Exchange (IDX)”, saran saya, mbak bisa komparasikan dengan OJK sebagai lembaga yang melakukan pengawasan bidang pasar modal

      Begitu,mbak sedikit pencerahan judul dari saya.. Semoga tidak puyeng lagi ya karena sudah ada gambaran..Hehehehehe

      • mbak mohon pencerahannya saya tertarik mengenai saran mbak tentang Aturan Insider Trading (atau jenis pelanggaran pasar modal) dalam Indonesian Stock Exchange menurut Hukum Pasar Modal. tapi kalau saya boleh tau, mencari kasusnya itu dimana ya mbak? soalnya saya sudah ngubek-ngubek web putusan ma tapi kok ga ketemu. mohon pencerahannya ya mbaak. matur suwuunn

    • mba mhon bantuannya ya,
      sya sementara nyusun judul ne ‘KAJIAN TERHADAP EKSISTENSI BANK INDONESIA PASCA DISAHKAN UNDANG-UNDANG NOMOR.21 TAHUN 2011 TENTANG OTORITAS JASA KEUANGAN’

      Mohon pencerahannya?
      abs proposal gw dikatain mana dasein ama dasolen nya?

  1. mbak tadi saya udah baca komen mbak ttg pasar modal,,tapi saya kurang paham,,,ada saran yang lain gak mbak yg lebih simple judulnya topiknya masih sama ttg pasar modal juga n kaitkan dengan bursa efek indonesia mbak…
    makasih mbak…please bantuannya y mbak,,,lg galau ttg judul nih mbak,,judul saya d tolak dosen terus…hehehhehe

    • Memang dosennya mba menolak judul mbak dengan alasan apa?
      Saya coba bantu ya,mbak tapi memang indikator simple tiap individu kan beda-beda..

      Judul yang mbak bisa kembangkan
      1. “Peranan Otoritas Jasa Keuangan dalam memberikan perlindungan hukum terhadap investor di dalam Bursa Efek Indonesia”
      2. “Pelaksanaan Pencatatan Perdana Saham “PT X” berdasarkan Hukum Pasar Modal”
      3. “Tinjauan Yuridis atas dugaan Insider Trading “PT W” dalam Hukum Pasar Modal” (untuk ini tidak hanya Insider Trading tapi bentuk pelanggaran kegiatan pasar modal lainnya dan lebih mudah apabila per kasus dibahas)
      4. “Kerjasama Otoritas Jasa Keuangan dengan PT Bursa Efek Indonesia dalam mendorong minat investor di kegiatan pasar modal”
      5. “Prosedur Pencatatan Efek bagi Emiten khusus Obligasi berdasarkan Hukum Pasar Modal”

      Begitu,mbak..

    • Menurut saya, judul yang mas bisa kembangkan :
      1. “Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan PT X berdasarkan Hukum Perseroan Terbatas dan Peraturan Pemerintah”
      2. “Tinjauan Yuridis mengenai persetujuan Kurator atas Perubahan Anggaran Dasar bagi Peseroan Terbatas yang telah dinyatakan Pailit”
      3. “Analisa Yuridis mengenai Perubahan Perseroan Terbuka menjadi Perseroan Tertutup”

      Begitu mas, masukan tentang judul dari saya..

      • saya udah baca jawaban mba,,,sy msh bingung dgn judul yang di berikan,,mohon di berikan masukan lg mba..yg lebih simple…makasih

      • Wah,mas..Itu saran judul yang paling sederhana yang saya bisa berikan karena itu saya ambil dari Undang-Undang Perseroan Terbatas. Coba,mas baca dahulu deh Undang-Undang Perseroan Terbatas maka akan ketemu clue (petunjuknya) ke arah mana judul itu dapat dikembangkan.
        Kalau mau dicari judul yang lebih simple lagi yang saya sarankan itu
        β€œAnalisa Yuridis mengenai Prosedur Pembentukan Perseroan Terbatas berdasarkan Undang-Undang Perseroan Terbatas”
        Tapi saya nggak yakin, judul yang saya sarankan itu diterima oleh dosping karena jawaban dari judul yang saya sarankan itu adalah mas menyalin ulang seluruh Undang-Undang Perseroan Terbatas
        Apabila judul yang sarankan itu masih dianggap tidak simple, saya nggak tahu ukuran judul skripsi yang lebih simple menurut mas seperti apa..Hehehehee..

      • mba buat yang judul nomor 1 bisa sekalian minta di jelaskan rumusan masalahnya boleh ? saya tertarik sama judulnya πŸ™‚

    • Hukum Koperasi ini terbilang masih baru ya,mbak karena UU nomor 17 tahun 2012 tentang Perkoperasian

      Menurut saya, judul yang mbak bisa kembangkan itu
      1. “Tinjauan Yuridis antara Sertifikat Modal Koperasi dengan Saham berdasarkan Hukum Koperasi di Indonesia”
      2. “Penyelesaian Kepailitan atas Koperasi berdasarkan Hukum Koperasi di Indonesia”
      3. “Tinjauan Yuridis antara Kedudukan Modal Penyertaan oleh Pemerintah dengan Pemegang Saham berdasarkan Hukum Koperasi di Indonesia”

      Begitu,mbak.. Semoga mbak nggak bingung lagi ya..Hehehehee…

      • mbak saya tertarik dengan judul mengenai sertifikat modal koperasi tetapi sm dosen sy belum d setujui dan alasan kalo d bandingkan dengan saham aja bahasanya terlalu sedikit..

        dan d suruh cari permasalahan yg ada mengenai sertifikat modal koperasi itu.. kira2 apa yaa mbak?? saya kok belum Dapet..

      • Ooh,gitu ya,mas..
        Saran yang saya bisa berikan
        1. Mas bisa cari urgensi sertifikat modal koperasi sebagai modal sebagai salah satu modal dalam pendirian koperasi selain iuran anggota koperasi. Bagaimanakah urgensi sertifikat modal koperasi itu?
        2. Mas mungkin bisa cari, bagaimanakah keterkaitan antara sertifikat modal koperasi dengan Koperasi Simpan Pinjam?
        3. Mas mungkin bisa cari, bagaimanakah penerbitan sertifikat modal koperasi itu oleh koperasi itu sendiri? Bagaimanakah dengan jumlah minimumnya? Bagaimanakah penerapan suatu koperasi itu dalam menerbitkan sertifikat modal koperasi dan nilai nominalnya? Apakah sama dengan saham yang setahu saya minimal Rp 100,-/lmbr atau adakah penggunaan sistem lot (seperti saham)?

  2. mbak, mao share. .kmaren saya sudah ngajuin bberapa judul skripsi ttg hukum Investasi, tapi dipertengahan perjalanan diminta dosen pembimbing untuk ganti judul karena menurut beliau terlalu sulit. karena insiden tersebut saya mulai kesulitan untuk berpikir simple ttang judul skripsi saya. .jika berkenan, mohon saran dan sedikit sumbangan ide, karena saya menggunakan metode penelitian normatif. terimakasih sebelumnya

    • Sebelumnya, Ipingo ini mbak atau mas ya?Hehehee..Maaf,biar saya bisa enak manggil mas atau mbak..
      Ooh gitu,iya-iya..

      Menurut saya judul yang bisa dikembangkan Ipingo
      1. “Analisa Yuridis mengenai Perizinan Satu Atap dalam dunia investasi berdasarkan Hukum Penanaman Modal”
      2. “Tinjauan Yuridis atas Peraturan Pemerintah mengenai Rencana Umum Penanaman Modal berdasarkan Hukum Penanaman Modal”
      3. “Pengaruh Peraturan Hukum tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) dengan kegiatan penanaman modal di Indonesia”

      Begitu,Ipingo.. Sama-sama..

  3. mbak saya kan mau ambil judul mengenai salah satu perseroan terbatas yang menyediakan dana segar, kira2 menurut mba data2 apa saja yang saya perlukan? karena menurut dosen saya sebelumnya ada kakak tingkat saya yang tidak berhasil mendapatkan data2nya.. tapi dosen saya gak bilang data2 tentang apa.. kalau menurut mbak bagaimana?

    • Begini,mbak.. Mencari data perusahaan yang menyediakan dana segar itu tidak mudah karena ini tentunya berkaitan dengan kondisi finansial perusahaan tersebut dan kalau membahas mengenai kondisi finansial perusahaan itu tampaknya menjadi rahasia perusahaan ya,mbak.
      Menurut saya, dana segar itu dapat bermula dari pengeluaran surat obligasi (surat utang) yang dibeli oleh investor. Oleh sebab itu, menurut saya, data-data yang dibutuhkan adalah data-data yang berkaitan dengan bagaimana perusahaan tersebut menyediakan dana segar misalnya data tentang penerbitan surat obligasi (surat utang).

  4. makasih mbak atas sarannya…
    judulnya bagus…

    jd kemaren itu saya bahas tentang pegadaian mbak tp judulnya itu d tolak… alasannya krn judul itu sudah banyak…
    padahal judul itu sudah saya diskusikan dg dosen sebelumnya tp gk tau knp msh aja d tolak….

    klo masih boleh saya tanya lagi…
    judul skripsi ttg pegadaian itu bgusnya apa y mbak?
    atau tentang perbankan…

    • Ooh begitu,mbak..Iya memang kalau sudah banyak tema yang bahas tentang Pegadaian,dosping biasanya akan lebih jeli untuk memilih judul yang diajukan oleh mahasiswa ya.
      Kalau mbak masih belum bisa pindah ke lain hati untuk topik Pegadaian, judul yang saya bisa sarankan
      “Keberadaan PT. Pegadaian (Persero) sebagai Lembaga Keuangan Non-Bank berdasarkan Undang-Undang Anti Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat”
      Kalau Perbankan, saran saya untuk judulnya yang bisa mbak kembangkan
      “Keberadaan Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan dalam menghadapi kerugian sistemik dari Bank berdasarkan Undang-Undang Perbankan”

      Waah,terima kasih untuk pujiannya,mbak.. Saya jadi malu nih..Hehehehe.. Judul yang paling bagus ya judul skripsi mbak sendiri dong πŸ˜€

  5. Mbag, saya bingung mau buat skripsi tentang apa lg udah 2 kali judul saya ditolak. Mbg bisa bantu saya cari judul ttg hukum ketenagakerjaan ? Terimakasih

    • Saya coba bantu ya,mbak..Judul yang mbak bisa kembangkan
      “Peranan Lembaga Tripartit dalam Penyelesaian Pengupahan berdasarkan Undang-Undang tentang Ketenagakerjaan”
      “Analisa Yuridis mengenai Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2013 dengan Pasal tentang Pengupahan dalam Undang-Undang tentang Ketenagakerjaan”

      • Terimakasih atas saran judulnya mbak.. Tp kalo judul hukum ketenagakerjaan empiris mbag bs kasi saran gak? Terimakasih

      • Kalau menurut saya, judul yang mbak bisa kembangkan
        “Implementasi Kinerja Pengupahan Karyawan Outsourcing berdasarkan Hukum Ketenagakerjaan di Indonesia”
        “Aplikasi Kinerja Pemberian Hari Libur bagi Tenaga Kerja Wanita berdasarkan Hukum Ketenagakerjaan di Indonesia”
        Mbak bisa pakai studi kasus di sebuah PT di wilayah mbak..
        Begitu,mbak..

      • Makasi yah mbag buat sarannya.. Saya sempat baca judul ttg koperasi kalo ga salah judulnya “Penyelesaian Kepailitan atas Koperasi berdasarkan Hukum Koperasi di Indonesia” . Kalo ini dijadiin empiris bisa kan yah mbag?

      • Setau saya, judul empiris itu judul yang nantinya dalam pembahasannya menggunakan metode kuesioner..
        Tapi, kalau mbak sudah bisa mendapatkan kasusnya dan subyek-subyeknya yang akan dijadikan sasaran pemebrian kuesioner, judul yang mbak sempat baca bisa saja dipakai sih,mbak..

      • Loh, judul mbak sudah di acc? Kalau blm di acc, mbak lebih baik fokus di judul dulu..
        Kalau pembahasan ya tentunya membahas tentang koperasi yang (akan) atau (sudah) dijatuhi putusan pailit dong,mbak.
        Mbak bisa bahas kepailitan itu apa, koperasi itu apa, kemudian studi kasusnya seperti apa (bila ada).
        Tapi kalau nggak ada ya berarti mbak meninjau dari Undang-Undang Kepailitan dan Undang-Undang Koperasi

      • Mbak saya mau tanya lagi kalo judulnya tentang “aplikasi kinerja pemberian hari libur bagi tenaga kerja wanita berdasarkan hk ketenagakerjaan” sebaiknya rumusan masalahnya seperti ap yah mbak? Tolong bantuannya mbak Terima kasih

    • Begini aja deh,mbak Dewi..Mbak fokuskan dulu mau bahas skripsi tentang apa..
      Saya nggak bermasalah mbak Dewi mau bertanya tapi nanti mbak Dewi jadi nggak fokus sendiri dengan yang saya jawab.
      Rancangan judul yang saya berikan itu hanya sekedar judul lho,mbak; jadi mbak harus utak-atik sendiri dan mbak Dewi nggak harus pakai saran judul dari saya lho.
      Jadi, Mbak Dewi bisa kembangkan dan nggak terpaku sama saran dari saya kalau mbak Dewi masih merasa kesulitan.
      Kalau tentang kepailitan koperasi ya mbak, rumusan masalahnya tentang bagaimanakah kepailitan itu diterapkan dalam koperasi?
      Sedangkan untuk aplikasi kinerja pemberian hari libr bagi tenaga kerja wanita berdasarkan hukum ketenagakerjaan, rumusan masalahnya bagaimanakah kinerja suatu perusahaan itu dalam memberikan hari libur bagi tenaga kerja wanita? Apakah sudah sesuai dengan UU Ketenagakerjaan atau belum?
      Intinya mbak Dewi fokus tentang judul dulu deh. Kalau sdh ketemu judul yang fix, syukur-syukur, mbak Dewi sudah konsultasi ke dosping, kita bisa diskusi kembali πŸ™‚

      • Iyah mbak, saya sudah nentuin judul yang akan saya pakai sekarang saya lagi proses pembuatan usulan penelitian . Judul yang saya akan pakai mengenai implementasi kinerja pengupahan karyawan outsourcing berdasarkan hk ketenagakerjaan di indo. Jadi rumusan masalah yang akan saya bahas mengenai bagaimana sistem pemberian upahnya? Dan perlindungan karyawannya dalam mendapatlan upah yang layak? Menurut mbak nyambung tidak dengan judulnya? Terima kasih sebelumnya mbak

      • Nyambung kok,mbak.. Menurut saya, mbak juga bisa cari Peraturan Daerah tempat mbak Dewi sekarang domisili. Bagaimanakah pemberian upah kepada karyawan suatu perusahaan berdasarkan UMP (Upah Minimum Propinsi)? Apakah sudah sesuai atau belum?
        Begitu,mbak..

  6. Sore Mbak, saya saat ini sedang mengambil S1 Hukum pemintan Hukum Eko-Bisnis. Dan sedang dalam Proses skripsi. Saya sudah mengajukan judul mengenai Kepailitan (Batava Air) Namun di tolak. Apa mbak punya referensi judul skripsi mengenai kepailitan? Trims Mbak πŸ™‚

    • Oke, mbak..Saya coba bantu ya..Memang kalau mbak mau gampang, mbak bisa googling ke website Mahkamah Agung untuk cari putusan Kepailitan (karena para pihak bisa lakukan Kasasi kan kalau ada yang belum puas?)
      Menurut saya, judul yang mbak bisa kembangkan
      1. “Kedudukan Individu Perseorangan atas Putusan Pailit yang diajukannya menurut Hukum Kepailitan”
      2. “Analisa Yuridis mengenai Putusan Pailit atas PT Prudential Life Assurance berdasarkan Hukum Kepailitan”
      Sebenarnya menurut saya, mbak bisa ambil kasus putusan pailit yang dijatuhkan ke individu. Itu jauh lebih menarik menurut saya karena mbak bisa bahas hingga bagaimana pemberesan harta pailitnya yang bisa dikenakan ke harta perkawinan bersama.

  7. hmm iya deh mbak…
    mf kak sebelumnya mbak judul tentang pegadaian dan perbankan kemaren itu jgn d kaitkan dengan pasar modal mbak…
    y mungkin kemaren itu aku lupa juga sih kak jelasin maksud aku…
    mf y kak…hhhee
    bantuannya y kak…

  8. hmm iya deh mbak…
    mf kak sebelumnya mbak judul tentang pegadaian dan perbankan kemaren itu jgn d kaitkan dengan pasar modal mbak…
    y mungkin kemaren itu aku lupa juga sih kak jelasin maksud aku…
    mf y kak…hhhee
    bantuannya y kak……

  9. judulnya itu tentang masalah yg terjadi di pegadaian atau masalah yang terjadi di perbankan mbak…
    ya kira2 gampang lah dapet data dan penelitiannya mbak..

    • Waduh,mbak ini maunya banyak banget yaa..Memang kalau mau buat skripsi sebisa mungkin berusaha untuk cari data yang gampang tapi kalau untuk Perbankan, setahu saya memang sulit kecuali mbak punya kenalan orang dalam karena Bank pasti akan bilang dokumen-dokumen itu rahasia (kerahasiaan bank).Jadi kalau mbak minta saya bantu agar mbak bisa memperoleh data secara gampang untuk di bank,saya nggak bisa bantu,mbak. Itu tergantung dari willingness orang-orang Bank itu sendiri.
      Coba mbak baca lagi usulan judul yang saya sarankan deh..Apakah ada unsur pasar modal?Apakah judul yang saya sarankan itu tidak terlibat langsung dengan kegiatan Perbankan dan Pegadaian?
      Usulan judul Pegadaian yang saya bisa sarankan
      “Keberadaan PT. Pegadaian (Persero) sebagai Lembaga Keuangan Non-Bank berdasarkan Undang-Undang Anti Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat”
      Kalau Perbankan, saran saya untuk judulnya yang bisa mbak kembangkan
      “Keberadaan Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan dalam menghadapi kerugian sistemik dari Bank berdasarkan Undang-Undang Perbankan”
      Kedua judul ini sebenarnya kalau mbak mau kembangkan bisa juga pakai penelitian normatif meski memang nanti kalau mau dapat data yang valid harus melakukan penelitian langsung ke tempatnya dan ini masalah yang langsung berkaitan dengan kegiatan dari Pegadaian dan Perbankan itu sendiri.
      Coba mbak baca judul yang saya sarankan dulu ya..

    • Kalau judul skripsi yang bagus itu hanya dosping yang tahu,mas bukan saya..Hehehehe..Saya hanya bisa bantu memberi usulan saja dan mas bisa kembangkan..
      “Kajian Yuridis antara Saham dengan Sertifikat Modal Koperasi berdasarkan Undang-Undang tentang Koperasi”
      “Eksistensi Koperasi Primer di Indonesia berdasarkan Undang-Undang tentang Koperasi”
      Begitu,mas..

  10. Mbak saya ud 2 kali ngajuin proposal ttg ketenagakerjaan tp ditolak terus
    😦
    Mbak bantu saya kasi pencerahan ttg hukum ketenagakerjaan
    Tolong bantuannya mbak 😦

  11. mbak , saia bingung mau ngajuin judul perdata bisnis…karna saia skarang kuliah sambil bekerja , saia mau judul yang penelitiannya di pengadilan negri mbak karna pengadilan nya gak jauh dari tempat saia bekerja , bagus nya kira-kira tentang apa yah mbak ?

    mohon sarannya mbak , trmksii πŸ™‚

    • Kasus yang masuk Pengadilan Negeri itu banyak ya,mbak.. Mbak bisa tanya ke Panitera PN yang letaknya nggak jauh dari tempat kerja mbak atau dari website PN tersebut terkait putusan kasus perdata apa saja. Nanti dari putusan tersebut, mbak bisa pilih dan dalami lebih lagi dan bisa diskusi dengan saya..
      Kan kalau dari putusan lebih gampang mbak (kasus sudah selesai meski masih bisa banding atau kasasi) dan putusan itu kan merupakan hak masyarakat untuk mendapatkannya.
      Begitu, mbak..

      • Kalau pajak tentang normatif
        Judul yang mbak bisa kembangkan
        “Analisa Yuridis mengenai Pemindahan Kewenangan Pusat ke Pemerintah Daerah dalam pengurusan Pajak Bumi dan Bangunan”
        “Tinjauan Yuridis mengenai Penggunaaan Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP) terhadap Penghasilan Bruto Individu/Badan dalam Pajak Penghasilan (PPn)” (mbak bisa pilih mau penghasilan bruto individu atau badan)

  12. β€œTinjauan Yuridis mengenai persetujuan Kurator atas Perubahan Anggaran Dasar bagi Peseroan Terbatas yang telah dinyatakan Pailit” mbak saya tertarik dengan judul ini bisa berdiskusi gak mbak? makasih

      • Ya rumusan masalahnya tentang bagaimanakah persetujuan Kurator atas perubahan Anggaran Dasar bagi Perseroan Terbatas yang telah dinyatakan Pailit?
        Dalam hal ini, mas bisa tinjau berdasarkan penelitian yang mas lakukan baik data sekunder maupun data primer
        Lebih lanjutnya, apakah Kurator memberikan persetujuan atau ada syarat-syarat yang ditentukan oleh Kurator sendiri?
        Berapa besarkah kemungkinan kurator memberikan persetujuan atau tidak terhadap perubahan Anggaran Dasar? Dalam hal ini, apakah bertentangan atau tidak dengan UU Kepailitan?
        Bagaimanakah kaitannya dengan UU tentang Perseroan Terbatas (apabila berkaitan dengan modal)? Apakah ada atau tidak?
        Begitu,mas.. Semoga membantu πŸ™‚

    • Ya rumusan masalahnya tentang bagaimanakah persetujuan Kurator atas perubahan Anggaran Dasar bagi Perseroan Terbatas yang telah dinyatakan Pailit? Menurut mas bagaimana?(berdasarkan penelitian yang mas lakukan baik data sekunder maupun data primer)
      Apakah Kurator memberikan persetujuan atau ada syarat-syarat yang ditentukan oleh Kurator sendiri?

    • Waah,kalau mas aja bingung, gimana saya? Hehehehe..
      Kalau mas itu mahasiswa hukum ya dikaji dari segi hukumnya dong (kan salah alamat kalau mahasiswa hukum kaji perbankan dari segi perhitungan ekonomi..Hehehehehe)

      • Jadi gini Mba, sebenarnya judul skripsi saya itu sudah ACC, judulnya tentang Eksekusi Hak Tanggungan atas Kredit Bermasalah pada Bank Konvensional, Ternyata teman saya sudah deluan mengangkat judul ini, bedanya saya studi kasus nya ke “Bank Artha Graha” dan teman saya ini studi kasusnya ke “Bank Perkreditan Rakyat”. Jadi saya bingung, saya mau lanjutkan judul ini atau saya ganti. Klo saya lanjutkan judul skripsi saya yang di ACC ini, berarti saya harus mencari permasalahan yang lebih terarah dan harus beda dngn rumusan masalah teman saya ini. Saya butuh saran mba, kira-kira saya lanjutkan apa tidak y judul skripsi ini, klo iya, bisa tidak mba beri masukan permasalahan apa yang lbih mendetail tentang tentang judul ini. Karena teman saya ini perumusan masalahnya membahasan kedua eksekusi ini yakni Titel Eksekutorial dan Parate Eksekusi jual di bawah tangan. Mohon sarannya Mba, maaf merepotkan.

    • Gpp,mas, nggak merepotkan kok πŸ™‚ Saya senang bisa bantu πŸ™‚
      Kalau menurut saya, sayang kalau mas ubah judul skripsi mas. Tanggung sudah separuh jalan dan saya rasa meski rumusan masalahnya sama. Toh hasil dari penelitian ini juga akan beda karena teman mas membahas dari segi BPR sedangkan mas membahas dari segi bank konvensional selain studi kasusnya juga berbeda.
      Mungkin begini,mas.. Kalaupun mas membahas mengenai Titel Eksekutorial dan Parate Eksekusi, alternatif yang bisa saya sarankan:
      1. Mas mungkin bisa mencari celah di kasus Bank Artha Graha ini apakah pihak debiturnya melakukan perlawanan atau tidak?
      2. Lalu bagaimanakah dengan pelaksanaannya? Apakah sudah sesuai dengan peraturan hukum dan pelaksanaannya (di lapangan)?
      3. Mas mungkin bisa mencari juga bagaimanakah bentuk perlindungan bagi kreditur apabila Parate Eksekusi ini tidak berjalan lancar? Tapi apabila Parate Eksekusi ini berjalan lancar apakah aset dari Bank Artha Graha ini sdh dapat menutupi kerugian bank konvensional tersebut?
      Begitu,mas.. Nggak usah galau mau ubah judul,mas. Efisiensi waktu dan tenaga πŸ™‚

  13. Blm sih mbak, saya belum dapet studi kasusnya jadi saya blm tau mau buat rumusan masalahnya seperti ap, mbak bisa kasi saya ide ? Maap yah mbak sebelumnya saya terlalu banyak tanya..

    • Begini aja deh,mbak Dewi..Mbak fokuskan dulu mau bahas skripsi tentang apa..
      Saya nggak bermasalah mbak Dewi mau bertanya tapi nanti mbak Dewi jadi nggak fokus sendiri dengan yang saya jawab.
      Rancangan judul yang saya berikan itu hanya sekedar judul lho,mbak; jadi mbak harus utak-atik sendiri.
      Kalau tentang kepailitan koperasi ya mbak, rumusan masalahnya tentang bagaimanakah kepailitan itu diterapkan dalam koperasi?
      Sedangkan untuk aplikasi kinerja pemberian hari libr bagi tenaga kerja wanita berdasarkan hukum ketenagakerjaan, rumusan masalahnya bagaimanakah kinerja suatu perusahaan itu dalam memberikan hari libur bagi tenaga kerja wanita? Apakah sudah sesuai dengan UU Ketenagakerjaan atau belum?
      Intinya mbak Dewi fokus tentang judul dulu deh. Kalau sdh ketemu judul yang fix, kita bisa diskusi kembali πŸ™‚

  14. mbak saya tertarik dengan judul mengenai sertifikat modal koperasi tetapi sm dosen sy belum d setujui dan alasan kalo d bandingkan dengan saham aja bahasanya terlalu sedikit..

    dan d suruh cari permasalahan yg ada mengenai sertifikat modal koperasi itu.. kira2 apa yaa mbak?? saya kok belum Dapet..

    • Ooh,gitu ya,mas..
      Saran yang saya bisa berikan
      1. Mas bisa cari urgensi sertifikat modal koperasi sebagai modal sebagai salah satu modal dalam pendirian koperasi selain iuran anggota koperasi. Bagaimanakah urgensi sertifikat modal koperasi ditinjau dari UU tentang Perkoperasian?
      2. Mas mungkin bisa cari, bagaimanakah keterkaitan antara sertifikat modal koperasi dengan Koperasi Simpan Pinjam ditinjau dari UU tentang Perkoperasian?
      3. Mas mungkin bisa cari, bagaimanakah penerbitan sertifikat modal koperasi itu oleh koperasi itu sendiri? Bagaimanakah dengan jumlah minimumnya? Bagaimanakah penerapan suatu koperasi itu dalam menerbitkan sertifikat modal koperasi dan nilai nominalnya? Apakah sama dengan saham yang setahu saya minimal Rp 100,-/lmbr atau adakah penggunaan sistem lot (seperti saham)?
      Begitu,mas.. Semoga membantu ya πŸ™‚

  15. mbk mw tnya ni, skrng ni kan sy lg proses untk pembuatan skripsi, tp sy blm dpt jdul, di dlm skripsi ni sy minat mw ambil hkum bisnis yg mengarah ke koperasi, kira2 menrt mbknya jdul ap yg lbh familiar dan mudah untk di cari data primer n sekundernya, terima kasih

    • Kalau menurut saya, mas mungkin bisa mengembangkan Koperasi Simpan Pinjam.
      Judul yang mas bisa kembangkan adalah
      “Tinjauan Yuridis mengenai Koperasi Simpan Pinjam berdasarkan UU tentang Perkoperasian”
      atau
      “Eksistensi Koperasi Simpan Pinjam ditinjau dari UU tentang Perkoperasian”
      Begitu mas..

      • jdul itu klo lbh enknya diarahkan ke pendiskripsian ap permasalahan dalam simpan pinjamnya mbk, truz klo untk pngn di luar simpan pinjamnnya dan pngn mengarah ke usaha lain koperasi gmn mbk,,,
        mhon masukannya dan solusinya,,, πŸ™‚

      • Maksud dari pendeskripsian itu gimana,mas? Saya masih belum paham..
        Setau saya, judul itu memuat mengenai 2 variabel dari yang akan dijadikan permasalahan karena judul itu kan overview dari suatu bahasan yang akan dikupas lebih detil bukan?
        Kalau mas mau membahas mengenai Koperasi Simpan Pinjam ya akan lebih baik membahas mengenai Koperasi Simpan Pinjam-nya.
        Apabila mas mau membahas di luar Koperasi Simpan Pinjam, tidak masalah. Tetapi, mas harus membuat judul skripsi di luar dari Koperasi Simpan Pinjam dan harus ada dasar hukumnya (termasuk usaha lain koperasi)
        Begitu,mas..

  16. mbak . . saya jadinya sayaa ganti topik skripsi , nggak jadi hukum internasional , hehe terlalu susah , saya ganti ke hkm perdata ! kalo topik soal kerugian BUMN (PT) masuk dlm kerugian atau engga itu bagusnya judulnya gimana ya mbak ? mohon dibantu , saya paling susah kalo soal nulis judul . . makasih mbk . .

  17. maaf mbak comment yg diatas saya salah tulis , jadi saya tulis ulang ! mbak . . saya jadinya ganti topik skripsi , nggak jadi hukum internasional , hehe terlalu susah , saya ganti ke hkm perdata ! kalo topik soal kerugian BUMN (PT) masuk dlm kerugian negara atau engga itu bagusnya judulnya gimana ya mbak ? mohon dibantu , saya paling susah kalo soal nulis judul . . makasih mbk . .

  18. Mbk . . saya mau minta tolong kasih pencerahan buat judul skripsi yg berhubungan sama kerugian business judgement (Perseroan) masuk dlm kerugian negara donk mbk . . maksudnya saya harusnya lebih menitikberakan pada apanya dan bagusnya judulnya gimana mbk . . mohon bantuannya mbk . . soalnya saya paling susah cari judul . . makasih mbk sebelumnya . .

    • Oke,mbak Carla nulis sampai 3 kali ya? πŸ™‚ Saya jawab 1 kali ya πŸ™‚
      Menurut saya,ada beberapa bahasan yang mbak bisa angkat
      1. Dari prinsip GCG (Good Corporate Governance)nya
      Judul yang saya bisa sarankan dan mbak bisa kembangkan
      “Penerapan Good Corporate Governance dalam mengatasi kerugian negara berdasarkan UU tentang Perseroan Terbatas”
      2. Dari segi pertanggungjawaban Direktur perseroan yang bersangkutan
      Judul yang saya bisa sarankan dan mbak bisa kembangkan
      “Pertanggungjawaban Direktur berkaitan dengan Business Judgement Rule berdasarkan UU tentang Perseroan Terbatas.
      Menurut saya, mbak akan lebih mudah membahasnya apabila ada studi kasusnya.

      Menurut saya, kalau masalah judul, kata-kata yang ada di pikiran mbak bisa dikeluarkan terlebih dahulu kemudian diutak-atik lalu konsultasi ke dosping; karena kalau mau mencari judul yang sempurna di awal untuk skripsi menurut saya susah,mbak. Bisa saja apa yang mbak mau berbeda dengan yang dosping mbak Dewi mau..

      Begitu,mbak..

  19. iya mbk maaf kirim smpe 3x . . kirain comment nya nda terkirim , hehe . .
    waaah makasih banget mbk buat judulnya . . sangat membantu , bisa buat pertimbangan . .
    klo judul yg kedua saya sudah ada gambaran kasusnya dr kasusnya merpati-hotasi nababan itu mbk . .
    hehe . . iya mbk tp kelemahan saya ya disitu soal pikir2 judul , selalu susah ketemunya , pdhl sebetulnya topiknya uda ada πŸ˜€
    sekali lagi makasih mbak buat masukan2 nya . .

    • Gpp,mbak..Lebih baik begitu daripada mbak nggak yakin komen mbak sudah masuk atau belum πŸ™‚ Hehehehhe..
      Intinya,mbak Carla nggak usah galau untuk buat judul karena kalau galau terus nggak akan selesai juga kan?Hehehehehe..
      Iya,mbak..Sama-sama πŸ™‚

      • gni mbak kmaren sya sdah ngajui judul tentang analisis perizinan 7 eleven di indonesia… yg mereka melakukan 2 jenis usah (resto dan ritel) secara bersamaan yang mna cma mendapatkan izin dari dinas pariwisata jakarta untuk izin resto..
        dilain sisi ia membuka usaha ritel yg mna harus ada izin dari kemendag…
        nah,, jika hendak melakukan usah kedua nya mka harus mendapatkan izin dr 2 kmntrian…

        tapi kata dosen sya pmbahasan nya kurang spesifik,,,
        mbak pnya usul ndak..?

      • Saya setuju dengan dosping mas..
        Kalau usul saya, mas ingin pilih yang mana? Usaha resto atau usaha ritel?
        Cari izin usaha yang sekiranya tidak menyulitkan mas untuk mencari data-datanya..
        Begitu mas, usul saya..

  20. mbak, saya udah konsul 3 kali, tp judul saya masih belum acc, selalu terbentur di isu hukum, soalnya sy ingin normatif, jd dibutuhkan kekosongan hukum atau kebenturan hukum dalam rumusan masalahnya. saya hukum bisnis, bisa mbak bantu mencari rumusan masalahnya ? sy udh benar” bingung mbak 😦

    • Waduuh,mbak.. Kalau pendapat pribadi saya, jangan memaksakan kehendak diri sendiri terhadap kemauan dosping.
      Terlebih lagi kalau sdh lbh dari 2x bimbingan dan blm di acc. Rugi waktu dan tenaga,mbak.. Hehehehee..
      Sebentar, satukan persepsi ya,mbak..
      Mbak inginnya judul skripsi ttg HKI hanya membahas adanya kekosongan hukum dalam HKI? Atau bagaimana?
      Saya masih blm mengerti dengan maksud pertanyaan mbak..

  21. mba. minta pencerahannya dong. aku mau ngajuin judul tapi %@&&@*!@&%@&^@& “pusing bgt”
    aku suka Perbankan Syari’ah. mohon pencerahannya ya mba..

    • Waduuh,mas..Untung mas tulis “pusing bgt” setelah tanda-tanda nggak jelas itu
      Kalau hanya tanda-tanda nggak jelas itu, saya sudah buang tulisan mas ke trash lho karena saya nggak suka sandi-sandi alay..
      Kalau perbankan syariah, usul saya mungkin mas bisa bahas mengenai spin off-nya dari perbankan konvensional atau peranan Bank Indonesia dalam pemberian bantuan terhadap Perbankan Syariah

    • Waah,mbak Kurnia..
      Kalau di fakultas mbak, tentang perusahaan pialang dimasukkan ke dalam hukum investasi ya?
      Setahu saya, hukum investasi yang ada di Undang-Undang tentang Penanaman Modal itu tidak membahas mengenai investasi terkait di perusahaan pialang lho.
      Tapi kalau mau mbak begitu
      Judul saya sarankan dan mbak bisa kembangkan
      “Perlindungan Hukum bagi Investor atas Pemilihan Investasi Emas di Perusahaan Pialang berdasarkan Undang-Undang tentang Investasi” (Undang-Undang tentang Investasi yang mbak Kurnia maksud ya. Karena kalau Undang-Undang yang saya maksud,bukanlah Undang-Undang yang mengatur tentang Investasi)

      Begitu,mbak..

  22. mbak saya sedang mau ngajuin judul juga dibidang hk.perdata bisnis . saya tertarik dengan judul yang mbak share tentang aplikasi kinerja pemberian hari libr bagi tenaga kerja wanita berdasarkan hukum ketenagakerjaan, kira kira rumusan masalah nya seperti apa yaa mbak ? apa bisa dikaji dr segi empiris ? tolongggg bangett dibantu yaa mbak :”(

  23. mbak saya ini yang opii hhe. mbak saya sedang mau ngajuin judul juga dibidang hk.perdata bisnis . saya tertarik dengan judul yang mbak share tentang aplikasi kinerja pemberian hari libr bagi tenaga kerja wanita berdasarkan hukum ketenagakerjaan, kira kira rumusan masalah nya seperti apa yaa mbak ? apa bisa dikaji dr segi empiris ? tolongggg bangett dibantu yaa mbak :”(

    • Ini opii yang sama kan,ya?Saya agak bingung jadinya..
      Ya,menurut saya masalah yang mbak bisa angkat dan kembangkan sendiri
      “Bagaimana aplikasi kinerja pemberian hari libur bagi tenaga kerja wanita?”
      Sekarang pengertian mbak tentang kajian dari segi empiris apa?
      Dicari dulu pengertiannya baru deh mbak analisa sendiri..Hehehe..
      Begitu,mba..

  24. waduh jadi bingung nih mbak…

    sebelumnya saya mnta mmaf mbak klau bnyak tanya ya
    heheh

    saya jurusanya di perdata ekonomi mbak,,
    kira-kira judul yg tepat untuk saya jika saya membahas tentang pembelian motor baru pada sebuah dealer (misalkan dialer yamah*) kira2 judul yg bisa mbak sarankan apa ya mbak?
    tpi yg bersangkutan dg jurusan yg saya ambil ini…

    terima kasih mbak πŸ™‚

    • Saya belum bisa memberikan saran,mbak..
      Karena saya lihat,mbak masih bingung antara apa yg mbak pelajari di bangku kuliah dengan skripsi yang mbak mau buat..
      Selama ini mbak mata kuliah yang berkaitan dengan hukum perdata ekonomi apa?
      Nanti kalau mbak bisa deskripsikan,saya baru akan berikan saran..
      Karena nanti kalau saya berikan saran sebelumnya,mbak jadi bingung (seperti di post sebelumnya)…

  25. mbak mohon bantuannya,saya mau ambil tentang masalah HAKI..
    tapi enaknya apa ya mbak?
    saya fokusnya pada hak cipta tentang folklor
    trimakasih sebelumnya mbak πŸ™‚

  26. Mbak, saya minta pencerahan dong untuk ambil skripsi yang berhubungan dengan hukum bisnis yang bersifat online :(, saya udah di tolak terus nih

  27. hay mba, salam kenal saya luluk.
    mba, saya tertarik dengan judul skripsi mba mengenai pariwisata, karna kebetulan didaerah saya potensi pariwisatanya cukup banyak dan lumayan bagus. cuman saya masih bingung nanti bahasan dan kajiannya bagaimana? mohon bantuan penjelasannya ya mba πŸ™‚

    • oh itu judul thesis saya,mbak..hehehehe..
      mbak dari jurusan apa?kl dari hukum ya ditinjau dari segi hukum.
      skg tahap awalnya,mbak suka hukum apa nanti mungkin bs dikorelasikan dengan sektor pariwisata di daerah mbak

  28. perdata mba, tp saya untuk skripsi lebih ingin ke perdata bisnis nya.
    menurut mba bagaimana ya? soalnya saya tertarik dengan mengangkat tema pariwisata.

    • Kalau perdata,ya,mbak harus cari yang sekiranya ada kaitannya dengan perdata..
      Menurut saya,kemungkinan terbesar adalah kontrak ya
      Saya bisa tahu matkul perdata (konsentrasi) yg sdh mbak sukai?
      Lalu nanti dikaitkan dengan sektor pariwisata di daerah mbak

      • kalau perdata (perjanjian misalkan) dikatkan ke pariwisata memang bisa? kalau dikaitkannya ke hukum lingkungan bagaimana mba?
        sekarang ini yang lagi berkembang isu hukum apa aja si mba? khususnya perdata? saya bingung sekali 😦

      • Gini aja deh mbak Luluk..
        Mbak coba cari mata kuliah apa yang mbak sukai
        Kalau sektor pariwisata yang mbak bilang di daerah mbak itu bagus, sektor pariwisata di bidang apa?
        Kalau mau dikaitkan ke hukum lingkungan,ya bisa saja..
        Kalau menurut saya, satu hukum dapat dikaitkan dengan hukum lainnya dengan catatan ada dasar hukumnya..
        Mbak Luluk banyak googling aja deh ya,cari tahu isu perdata apa saja yang sedang berkembang lalu fokusin pada satu hal..Baru nanti kita diskusi..

  29. maaf sblumnya Mbak, saya mau minta saran/kritik, usulan penelitian saya mau mngngkat mngenai Prlindungan Tenaga Kerja trkait Pngmbilalihan Perusahaan (akuisisi) atau entah itu merger atau konsolidasi, apa itu sdh bagus atau bgmn?

  30. maaf sblumnya Mbak, saya mau minta saran/kritik, usulan penelitian saya mau mngngkat mngenai Prlindungan Tenaga Kerja trkait Pngmbilalihan Perusahaan (akuisisi) atau entah itu merger atau konsolidasi, apa itu sdh bagus atau bgmn? terima kasih, mbak.

    • Oke,mas..
      Menurut saya,judul mas sudah bagus.Tapi,untuk selanjutnya menurut saya, mas bisa kerucutkan perlindungan hukum dalam bentuk apa? Apakah status mereka, misalnya outsourcing, atau sistem pembayaran mereka, apabila mereka ternyata tidak dipakai/dipakai oleh perusahaan yang terlibat dalam proses tersebut..
      Begitu,mas..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s