0

Selamat Hari Guru (25 November)

Hari ini tepat merayakan Hari Guru di Indonesia.. Saya pribadi yang baru saja mendapatkan profesi pengajar, senang dan terharu..hehehehe..Kenapa? Seumur saya bekerja, baru kali ini, saya merasa bahwa profesi saya sekarang ini paling mengena di hati.. Profesi yang menurut saya memberikan efek tenang di hati, terus mau belajar , tidak malu untuk diskusi, dan bisa tertawa dengan mahasiswa..Hehehehehe.. *itu kalau di kelas saya ya*

Saya jadi ingat dulu waktu SD, saya paling suka bikin repot guru-guru saya, dari yang sering pingsan kalau lagi upacara sekolah sampai muntah-muntah 3x di kelas karena sakit dan saya tetep pengen ikut belajar di kelas..Bahkan,saya nggak mau dihukum keluar kelas karena nggak ngerjain PR IPA saat SD karena saya nekat pengen belajar di kelas..hehehehe.. Semua guru di SD saya (Tunas Jaka Sampurna) baik, ramah dan menyenangkan, Bu Sutarti (wali kelas 1), Bu Robin (guru Olahraga), Pak Rosi (guru IPA), Bu Yustina (guru Matematika), Bu Marsini (guru Bahasa Inggris), sisanya saya lupa 😦

Saat saya SMP nggak kalah hebohnya.. Bu Kunir (guru PPKN) dan Bu Vini (guru Biologi).. Sisanya saya lupa 😦 *aduuh jahatnya saya*

Saat SMU, ehhhm, saya nggak begitu suka sama guru-guru di sekolah sih. Ada sih satu guru kesukaan saya itu Bu Wiwik (guru Bahasa Inggris kelas 1), selain beliau cantik.. Sisanya, saya nggak begitu suka..

Nah, guru bimbel saat SMU yang saya suka semuanya terutama Pak Arthur (guru Bahasa Inggris), Pak Alex (guru Matematika Dasar), Bu Nina (guru Geografi), sisanya saya lupa 😦 Tapi sumpah, mereka itu menyenangkan sekali saat mengajar di kelas dan individu (kalau lagi jam istirahat dan minta bimbingan sendiri).. Satu lagi, Bu Sarwoto (dosen UI yang mengajar Matematika, Fisika, dan Kimia secara privat untuk saya)

Saat kuliah, seluruh dosen yang mengajar saya membuat saya berkesan.. Meski ada beberapa dosen yang menjadi inspirasi saya, Pak Jetto (dosen HI), Pak Sigit (dosen HI), Pak Paripurna (dosen Hukum Dagang), Pak Hawin (dosen Hukum Dagang), Mbak Eka (dosen HI), Bu Dina (dosen Hukum Dagang), Pak Harry (dosen HI).. Bahkan ketika saya mengajar sekarang, 1000% saya meniru salah satu dosen idola saya Pak Jetto…

Akhirnya, saya pribadi, saya mengucapkan Selamat Hari Guru khususnya untuk guru-guru yang pernah mengajar saya sejak TK, SD, SMP, dan SMU termasuk Bimbel dan dosen ketika saya kuliah Sarjana dan Master.
Terima kasih untuk semuanya. Saya nggak bisa membalas kebaikan kalian semua. Semoga Gusti Allah selalu memberikan kesehatan dan rejeki yang luas sekali karena kalian telah berdedikasi untuk dunia yang kalian cintai.. Aamiin 😀

Peluk eraat dari saya, Dyah Ayu Ambarwati, untuk kalian semuaa..

0

HKI : DESAIN INDUSTRI (BAGIAN 2)

Desain Industri sebagai hasil dari kekayaan intelektual tentunya juga memiliki hak. Hak disini adalah hak untuk mendapatkan perlindungan. Tapi, tidak semua Desain Industri mendapatkan hak perlindungan. Nah, ada penjelasan mengenai Desain Industri yang mendapatkan hak perlindungan dan tidak mendapatkan hak perlindungan

Desain Industri yang mendapat hak perlindungan
a. Hak Desain Industri diberikan untuk Desain Industri yang baru. Desain Industri yang baru ini maksudnya adalah Desain Industri dianggap baru apabila pada Tanggal Penerimaan, Desain Industri tersebut tidak sama dengan pengungkapan yang telah ada sebelumnya.
* Tanggal Penerimaan ini yaitu tanggal penerimaan Permohonan yang telah memenuhi persyaratan administratif.
* Pengungkapan sebelumnya adalah pengungkapan Desain Industri yang sebelum Tanggal Penerimaan, atau Tanggal Prioritas apabila diajukan dengan Hak Prioritas; telah diumumkan atau digunakan di Indonesia atau di luar Indonesia

b. Suatu Desain Industri tidak dianggap telah diumumkan apabila dalam jangka waktu paling lama 6 bulan sebelum Tanggal Penerimaannya, apabila Desain Industri tersebut
^ telah dipertunjukkan dalam suatu pameran nasional ataupun internasional di Indonesia atau di luar negeri yang resmi atau diakui sebagai resmi
^ telah digunakan di Indonesia oleh Pendesain dalam rangka percobaan dengan tujuan pendidikan, penelitian, atau pengembangan
(Untuk huruf (b), saya menganalisa seperti ini : katakanlah ada Desain Industri A dan Desain Industri itu dipertunjukkan di pameran internasional yang resmi pada bulan Januari 2010 dan baru selesai bulan Februari 2010, apabila si Pendesain tersebut ingin mendaftarkan dan Tanggal Penerimaan adalah bulan Juli 2010, Desain Industri tersebut akan mendapatkan hak perlindungan dan si Pendesain dianggap tidak melakukan pengumuman atas Desain Industri A tersebut.

Desain Industri yang tidak mendapat hak perlindungan yaitu Desain Industri tersebut bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, ketertiban umum, agama, atau kesusilaan

Desain Industri ini memiliki jangka waktu perlindungan yaitu 10 tahun terhitung sejak Tanggal Penerimaan dan Tanggal mulai berlakunya jangka waktu perlindungan tersebut dicatat dalam Daftar Umum Desain Industri dan diumumkan dalam Berita Resmi Desain Industri

0

HKI : DESAIN INDUSTRI (BAGIAN 1)

Desain Industri itu memang gampang-gampang susah bedainnya sama merek! Kenapa? Kalau menurut saya karena pada dasarnya mereka itu (Merek dan Desain Industri) sama-sama melekat pada barang atau jasanya. Tapi ada tapinya…

Desain Industri adalah suatu kreasi tentang bentuk, konfigurasi, atau komposisi garis atau warna, atau garis dan warna, atau gabungan daripadanya yang berbentuk tiga dimensi atau dua dimensi yang memberikan kesan estetis dan dapat diwujudkan dalam pola tiga dimensi atau dua dimensi serta dapat dipakai untuk menghasilkan suatu produk, barang, komoditas industri atau kerajinan tangan. Ini yang membedakan antara Merek dengan Desain Industri. Kalau Merek itu memiliki daya pembeda (karena menurut saya, Merek hanya menempel pada barang atau jasa) sedangkan Desain Industri, kalau menurut saya, menempel pada wujud suatu produk, barang, komoditas industri atau kerajinan tangan.

0

Relaxing song

Tiap hari jadi hari yang hectic buat saya.. Alhamdulillah.. Alhamdulillah masih diberi kesibukan untuk bisa tetap berkarya..
Jadi pengajar di kelas, jadi junior researcher untuk proyek biasa dan proyek baru dan masa depan *ihiiir*, dan jadi siswa lagi untuk bahasa asing *bahasa biasa dan bahasa luar biasa* demi proyek masa depan..

Ngomong-ngomong hectic days that i have been through on, saya butuh mood booster yang manjur *selain saya juga tipe orang yang moody untuk beberapa kasus* hehehehe…
Salah satunya ya laguuu!!! Yees,fortunately, i love songs, bahkan, i cannot live without songs..hehehe..
Satu lagu yang buat saya tenang terlepas 2 lagu kesukaan saya lainnya itu adalah Adelaide Sky dari Adhitia Sofyan 😀

Sumpaah deh!! Begitu dengar nih lagu, semua kecapekan langsung ilang lho.. *capek otak, capek badan (kalau kerja dari pagi sampe dini hari dan hanya bisa rebahan few minutes), dan capek hati (kalau kesel nggak bisa dapat data lengkap)*
Jadi yang saya bayangin kalau saya denger lagu ini langit yang biru dan luas serta damai…hehehehee.. *terlepas dari liriknya yang bahas tentang cinta ya* hehehehe.. Tapi boleh dong,kalau saya interpretasikan sebuah lagu nggak hanya dari penggalan katanya dan nadanya.. Toh,lagu itu universal dan saya yakin juga penciptanya juga ingin karyanya dinikmati oleh orang lain dari banyak segi..hehehehehe…

Makasiih buat mas Adhitia Sofyan buat lagunya.. Terus berkarya ya,mas 😀

0

Latihan TOEFL,mari-mari!

Kemarin iseng, saya mampir ke toko buku Gram*d*a pusat di kota saya sekarang menetap.. Toko bukunya ada di Jl Sudirman di pojokan perempatan jalan besar..

Sebenarnya ada satu kekhawatiran saya ketika masuk ke toko buku ini.. Seringkali saya mendapatkan buku yang memang stok-nya kosong alias menunggu dulu dari pusatnya di Jakarta.. Biasanya juga staf disana nggak berani untuk bisa menjanjikan berapa lama buku-buku tersebut dapat didatangkan.. Ya saya juga maklum kok..

Tetapi,kemarin pas iseng ke sana dan liat di rak bagian buku bahasa asing.. WOOOOOWW! Lengkap ajaa,bok!
Dari toefl PBT dan iBT, TOEIC, GMAT, dll, adaaa! Alhamdulillah.. Akhirnya pilih beberapa dan *alhamdulillah ada duit* beli deeh… Hehehehehhee…

Asyyiiikk…on this weekend,lets upgrading score of TOEFL 😀 *gara-gara kemarin keujanan, badan ngga enak, dan sembari pemulihan, mari belajar ajah*

TOEFL,here i come! Be friends yaah 😀

0

A Blessing of International Conference of International Law

Hari ini hari yang menyenangkan sekali untuk saya.. Bersyukur, senang, haru, rindu dan memorable sekali buat saya..
Kenapa?
1. Saya memperoleh undangan khusus dari rekan sejawat saya yang berprofesi di salah satu PTN di Solo untuk menghadiri konferensi internasional yang membahas tentang Laut Cina Selatan dan peranan ASEAN terhadap nya..
Otomatis, saya dapat ilmu baru dimana saya sudah sejak lama tidak bersentuhan langsung dengan HI melainkan hanya sebatas tatap buku perpustakaan maupun via googling.. Anyway, saya ingin ikut aktif lagi untuk diskusi bulanan dosen di lingkungan kampus FH UGM 🙂
2. Saya diingatkan kembali untuk merasakan diajar oleh salah satu dosen favorit saya yaitu Bapak Jaka Triyana.. Ooemjiii… To be honest, saya suka sekali dengan cara mengajar beliau. Bahkan, saya meniru 1000% cara beliau mengajar di kelas.. Ada teror pertanyaan, ada serius, tapi ada juga ketawa cekikikan.. Semua jadi satu! Satu lagi, beliau itu fair dalam memberikan nilai dan beruntunglah saya karena saya selalu mendapatkan nilai A di mata kuliah Hukum HAM Internasional dan Hukum Humaniter Internasional *anyway, 2 buku ajar darinya, saya masih simpan rapi*

Intinya dari seminar hari ini adalah saya dapat ilmu mengenai peranan ASEAN dalam menangani konflik Laut Cina Selatan, narasumber lainnya (berasal dari Australia) selain dosen favorit saya, Pak Jetto, dan suasana kuliah Hukum Internasional yang sangat mengangeniiii *kangennya sejuta rasanyaaa*!
Tak ketinggalan, rekan sejawat yang selalu meng-inspire saya di setiap waktu.. Ibu dosen muda Rachma 🙂

0

Selamat Tahun Baru Islam 1435 H

Waah,tak terasa sudah hampir di penghujung tahun 2013 ya.. Bulan November bulan kedua terakhir di tiap tahunnya..

Untuk tahun 2013 ini, awal bulan November jadi bulan yang diperingati sebagai tahun baru bagi umat Muslim, khususnya saya sebagai penganut agama Islam. Bedanya, saya menghabiskan malam Tahun Baru Islam ini di perjalanan Bali-Surabaya-Yogyakarta bersama puluhan mahasiswa di tempat saya mengajar karena kami baru saja menghabiskan study tour dengan tujuan Yogyakarta-Surabaya-Bali 🙂 *genap 6 hari* Yeaaayy! 😀 *biasanya hanya di rumah dengan suasana yang biasa saja*

Saya ingin mengucapkan Selamat Tahun Baru Islam 1435 H bagi yang merayakan.. Semoga di tahun ini 1435 H, kita selalu diberikan limpahan berkah dan rejeki Nya yang tidak putus.. Aamiin ya Rabbal Alamiin..