0

“Menyikapi Hidup” ala Darwis Tere Liye

Saya salah satu penggemar bang Tere Liye..Meski saya nggak pernah ngaku di comment bang Tere..Hehehehehe..Tapi,bener lho! Di akun Facebook saya, saya adalah peng-like akun beliau..
Buat sebagian orang, mungkin agak terkaget-kaget dengan status-status yang dibuat mereka..Tapi, tidak dengan saya! Saya termasuk orang yang penyetuju setiap status bang Tere..

Cara beliau memandang hidup ini memang benar-benar bisa dipakai dan dipegang.. Satu lagi yang saya suka yaitu karena saya muslim, saya sangat suka cara beliau memandang hidup dengan memasukkan Al Qur’an dengan cara yang ringan dan “ngena” di hati serta logis sangat logis..

Ada satu status beliau yang saya suka.. Semoga beliau nggak marah atau keberatan kalau status beliau saya kutip dan share via blog saya

*Pengumuman seluruh dunia

Nabi Yakub, adalah ayah Nabi Yusuf. Semasa kecil, Yusuf ditinggalkan oleh kakak-kakaknya yang iri di dalam sumur tua, lantas mengarang kisah kepada Ayah mereka bahwa Tusuf diterkam srigala dengan membawa pakaian dengan darah (palsu).

Sedih sekali Nabi Yakub kehilangan anak tersayangnya. Berpuluh tahun dia merindukan anaknya. Belum cukup dengan itu semua, Bunyamin, anaknya yang lain juga ditahan di negeri Mesir. Mata Nabi Yakub yang terlalu sering menatap kejauhan, menerawang, memikirkan anak2nya tersebut bahkan berubah menjadi putih, dan butalah dia. Berat sekali kehilangan dua anak.

Nah, yang menarik adalah, apakah Nabi Yakub berkeluh kesah?

Dalam surah Yusuf 86 jelas ditulis: “Ya’qub menjawab: “Sesungguhnya hanyalah kepada Allah aku mengadukan kesusahan dan kesedihanku, dan aku mengetahui dari Allah apa yang kamu tiada mengetahuinya.”

Silahkan buka kitab suci, baca kisah2 terbaik di dalamnya, maka sempurna semua jawaban orang2 terbaik adalah: hanya kepada Allah-lah aku mengadukan kesusahan dan kesedihan, tempat berkeluh kesah.

Manusia itu memang sifatnya berkeluh kesah, itu sudah dikunci dalam Al Qur’an juga. Tapi pertanyaannya, apakah kita akan berkeluh kesah kepada yang menerima semua pengaduan, atau berkeluh kesah kepada manusia–yang terkadang justeru menambah rumit masalah.

Apapun pilihan kalian, please pastikan, kita tidak berkeluh kesah di Facebook, Twitter, di jejaring sosial. Oh Allah, bagaimana mungkin kita berkeluh kesah secara massif di dunia maya? Apa gunanya? Untuk mencari perhatian? Puas? Jadi plong? Hentikanlah memamerkan kesedihan, kegalauan. Itu jelas, memang hak setiap orang mau ngapain saja di dunia ini. Tapi pikirkanlah dengan baik. Sungguh, tidak ada ruginya berpikir.

*Huaaah ngenaa banget buat sayaa setelah baca status tersebut! Percaya atau tidak, status-status dari bang Tere ini pelan-pelan mengubah mindset saya lho! :)*

Advertisements
0

HKI : MEREK (BAGIAN 9)

Lanjutan dari bagian-bagian Pendaftaran Merek

4. Pemeriksaan Kembali

Pemeriksaan kembali ini *menurut saya dilakukan apabila adanya keberatan dan/atau sanggahan*. Dalam hal adanya keberatan dan/atau sanggahan, Dirjen menggunakan keberatan dan/atau sanggahan sebagai bahan pertimbangan dalam pemeriksaan kembali terhadap permohonan yang telah selesai diumumkan. Pemeriksaan kembali ini diselesaikan dalam jangka waktu paling lama 2 bulan terhitung sejak berakhirnya jangka waktu pengumuman

Untuk hal ini, Dirjen memberitahukan secara tertulis kepada pihak yang mengajukan keberatan mengenai hasil pemeriksaan kembali yang dilakukan oleh Dirjen

Hasil dari pemeriksaan kembali tersebut ada 2, yaitu

• Dalam hal pemeriksa melaporkan pemeriksaan bahwa keberatan tidak dapat diterima, atas persetujuan Dirjen, permohonan dari pemohon atau kuasanya dinyatakan dapat disetujui untuk didaftar dalam daftar umum merek

• Dalam hal pemeriksa melaporkan hasil pemeriksaan bahwa keberatan dapat diterima, Dirjen memberitahukan secara tertulis kepada pemohon bahwa permohonan tidak dapat didaftar atau ditolak; dan atas hal tersebut, pemohon atau kuasanya dapat mengajukan banding

Apabila tidak ada keberatan, Dirjen menerbitkan dan memberikan Sertifikat Merek kepada pemohon atau kuasanya dalam waktu paling lama 30 hari terhiung sejak tanggal berakhirnya jangka waktu pengumuman.

Apabila ada keberatan dan ternyata keberatan tersebut tidak dapat diterima setelah dilakukan pemeriksaan kembali oleh pemeriksa, atas persetujuan Dirjen, Dirjen meerbitkan dan memberikan Sertifikat Merek kepada pemohon atau kuasanya dalam jangka waktu 30 hari terhitung sejak tanggal permohonan tersebut disetujui untuk didaftar dalam daftar umum merek

Sertifikat Merek tersebut memuat :
• Nama dan alamat lengkap pemilik merek yang didaftar
• Nama dan alamat lengkap kuasa (apabila permohonan menggunakan jasa kuasa)
• Tanggal pengajuan dan tanggal penerimaan
• Etiket merek yang didaftarkan, termasuk keterangan mengenai macam warna apabila merek tersebut menggunakan unsur warna dan apabila merek menggunakan bahasa asing dan/atau huruf selain huruf latin dan/atau angka yang tidak lazim digunakan dalam bahasa Indonesia disertai terjemahannya dalam bahasa Indonesia, huruf latin dan angka yang lazim digunakan dalam bahasa Indonesia serta cara pengucapannya dalam ejaan latin, nomor, dan tanggal pendaftaran
• Kelas dan jenis barang dan/atau jasa yang mereknya didaftar
• Jangka waktu berlakunya pendaftaran merek

Setiap pihak dapat mengajukan permohonan untuk memperoleh petikan resmi Sertifikat Merek yang terdaftar dalam daftar umum merek dengan membayar biaya

5. Jangka Waktu Perlindungan Merek Terdaftar

Merek terdaftar mendapat perlindungan hukum untuk jangka waktu 10 tahun sejak tanggal penerimaan dan jangka waktu itu dapat diperpanjang

0

Feeling oh Feeling

Akhir-akhir ini, saya sering didatangi mimpi oleh teman-teman selama saya kuliah.. Teman-teman kuliah sekaligus teman main saya.. Di dalam mimpi saya, saya senangnya bukan main ketemu mereka semuanya meski mereka paling suka marah-marah sama saya karena saya ini suka ceroboh dan lupaan.. Hehehehehe.. Apalagi kalau saya sakit, waah, mereka itu galaknya minta ampun sama saya!

Kangeeeen sekali rasanyaa pas saya udah bangun tidur dan masih keinget mimpinya! Pengen ketemu rasanyaa! Pengen dimarahin sambil dipelototin karena sikap saya yang ceroboh dan suka cewawa’an..

Nggak lama dari kejadian saya mimpi itu, tiba-tiba di fb message saya, saya temuin message dari salah satu sahabat saya dan dia bilang “aku kangen kamu belo, my dearest friend!” Waaaaah,rasanya mau mewek deh pas baca message itu.. Saya memang sudah agak lama putus komunikasi karena kesibukan masing-masing. Eniwei, Belo itu nama kesayangan dari sahabat saya dan satu angkatan jadi manggil saya dengan nama Belo bahkan angkatan kakak kelas..
Memang sahabat-sahabat saya itu adalah orang-orang terbaik yang pernah saya kenal selama saya sekolah selain saat saya SD dan SMP..
Sahabat yang tahu betul di saat saya “down” hingga saya kehilangan berat badan 3-4 kg sebulan! karena nggak doyan makan dan hampir tiap hari nangis!

Memang, percaya nggak percaya, sahabat yang benar-benar sahabat pasti punya kedekatan batin dengan diri kita.. Itu terbukti lho! Di saat saya kangen, sahabat saya pun kangen sama saya! 😀

Dear Cut Datin Imanal Putrie, Putu Sitasari Kardha, dan Astriviani, Belo kangen kalian dan semoga ada waktu untuk ketemuan kalau aku liburan ke Jakarta ya :* :*

0

HKI : MEREK (BAGIAN 8)

Lanjutan dari bagian-bagian Pendaftaran Merek, yaitu

2. Pengumuman Permohonan

Dalam waktu paling lama 10 hari terhitung sejak tanggal disetujuinya permohonan untuk didaftar, Dirjen mengumumkan permohonan tersebut dalam berita resmi merek.

Pengumuman berlangsung selama 3 bulan dengan menempatkannya dalam berita resmi merek yang diterbitkan secara berkala oleh Dirjen dan/atau menempatkannya pada sarana khusus yang dengan mudah serta jelas dapat dilihat oleh masyarakat yang disediakan oleh Dirjen dan tanggal mulai diumumkannya permohonan dicatat oleh Dirjen dalam berita resmi merek.

Pengumuman dilakukan dengan mencantumkan hal-hal sebagai berikut :

• Nama dan alamat lengkap pemohon, termasuk kuasa apabila permohonan diajukan melalui kuasa

• Kelas dan jenis barang dan/atau jasa bagi merek yang dimohonkan pendaftarannya

• Tanggal penerimaan

• Contoh merek, termasuk keterangan mengenai warna dan apabila etiket merek menggunakan bahasa asing dan/atau huruf selain huruf latin dan/atau angka yang tidak lazim digunakan dalam bahasa Indonesia, disertai terjemahannya ke dalam bahasa Indonesia, huruf latin atau angka yang lazim digunakan dalam bahasa Indonesia, serta cara pengucapannya dalam ejaan latin.

3. Keberatan dan Sanggahan

Selama jangka waktu pengumuman, setiap pihak dapat mengajukan keberatan secara tertulis kepada Dirjen dan atas permohonan yang bersangkutan dikenai biaya.

Keberatan dapat diajukan jika terdapat alasan yang cukup disertai bukti bahwa merek yang sedang dimohonkan pendaftarannya (diumumkan) adalah merek yang berdasarkan UU tidak dapat didaftar atau ditolak.

Dalam hal ini, Dirjen paling lambat 14 hari terhitung sejak tanggal penerimaan keberata mengirimkan salinan surat yang berisikan keberatan dari pihak-pihak tersebut kepada pemohon atau kuasanya.

Pemohon atau kuasanya berhak mengajukan sanggahan terhadap keberatan yang diajukan oleh pihak-pihak tersebut. Sanggahan diajukan secara tertulis dalam waktu paling lama 2 bulan terhitung sejak tanggal penerimaan salinan keberatan yang disampaikan oleh Dirjen

0

I.D.O.L G.R.O.U.P

Yeeeeeaaayy!! Memang saya bukan penyuka group ini sih tapi akibat adik saya (oke, fans group ini hampir sebagian besar adalah cowo dan salah satunya adik saya) yang ngefans dan tahu banyak tentang group ini, saya jadi suka sama group ini.. Group ini adalah

JKT 48 Indonesia! 😀 😀 😀

Awalnya saya bingung dengar lirik lagunya karena nggak banyak penyanyi yang memakai kata-kata seperti mereka. Tapi lama kelamaan, saya dengar lirik mereka benar kata adik saya, lirik mereka seperti bercerita yang kata-katanya satu sama lainnya agak nggak nyambung tapi bisa menguntai seperti cerita..Hehehehehe..Satu hal lagi yang saya suka, lirik lagunya nggak lebay dan menye-menye 🙂 Meski, sebenarnya lagunya memang bercerita tentang cinta *duileee,bahasa gw kece amat dah! :))*

Salah satu lagu yang saya suka itu River 🙂 Saya rasa setiap orang pasti pernah ngalamin hal seperti itu! Kalau lagi di bawah, rasanya aduuuuh, campur-campur antara gelisah, pesimis, nggak semangat, bahkan udah nyerah duluan aja 😦 Kapan bisa di atas? Kapan bisa kesampaian semua keinginan dan harapan?

Saya mengutip dari liriknya “River”

Tepat di depan matamu
Ada sungai mengalir
Luas, sebuah sungai yang besar
Walaupun gelap dan dalam
Walaupun arusnya deras
Tidak perlu ketakutan
Walaupun kau terpisah
Ya, tepian pasti ada
Lebih percayalah pada dirimu
Di dalam hatimu juga
Ada sungai mengalir
Sungai keringat dan air mata
Walaupun kau pernah gagal
Walau dirimu terbawa arus (ayolah… ayolah… ayolah ayolah ayolah….)
Tak apa terulang lagi (Ho!!!……)
Dan janganlah mengeluh (Ho!!!……)
Genggamlah selalu impianmu
Sampai suatu saat mimpimu terkabul
Ayo sebrangilah!
You can do it!

*Meski saya bukan penggemar berat JKT 48 Indonesia, tapi saya suka sekali dengan liriknya :)*

0

HKI : MEREK (BAGIAN 7)

Setelah permohonan pendaftaran merek diberikan tanggal penerimaan, pemohon atau kuasa baru dapat melakukan pendaftaran merek. Ada 9 bagian yang harus dilalui oleh pemohon (atau kuasanya apabila menggunakan jasa kuasa hukum) terkait dengan pendaftaran merek, bagian-bagian itu antara lain

1. Pemeriksaan Substantif

Dirjen melakukan pemeriksaan substantif terhadap permohonan dalam waktu paling lama 30 hari terhitung sejak tanggal penerimaan.

Pemeriksaan ini menyangkut hal-hal yang material mengenai merek itu sendiri, misalnya merek tidak dapat didaftar atas dasar permohonan yang diajukan pemohon yang beritikad tidak baik; merek tidak dapat didaftar apabila mengandung unsur-unsur dimana bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, moralitas agama, kesusilaan atau ketertiban umum; tidak memiliki daya pembeda; telah menjadi milik umum; atau merupakan keterangan atau berkaitan dengan barang atau jasa yang dimohonkan pendaftarannya.

Pemeriksaan substantif tersebut diselesaikan dalam waktu paling lama 9 bulan. Pemeriksaan substantif dilaksanakan oleh pemeriksa pada Dirjen dan pemeriksa adala pejabat yang karena keahliannya diangkat dan diberhentikan sebagai pejabat fungsional oleh Menteri berdasarkan syarat dan kualifikasi tertentu.

Selain itu, pemeriksa diberi jenjang dan tunjangan di samping hak lainnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Pemeriksa dalam melakukan pemeriksaan terhadap permohonan, menghasilkan 2 hasil, antara lain :

a. Dalam hal pemeriksa melaporkan hasil pemeriksaan bahwa permohonan dapat disetujui untuk didaftar, atas persetujuan Dirjen, permohonan tersebut akan diumumkan dalam berita resmi merek

b. Dalam hal pemeriksa melaporkan hasil pemeriksaan bahwa permohonan tidak dapat didaftar atau ditolak, atas persetujuan Dirjen, hal tersebut akan diberitahukan secara tertulis kepada pemohon atau kuasanya dengan menyebutkan alasannya. Hal ini tentunya akan menimbulkan akibat selanjutnya, yaitu

• Pemohon atau kuasanya dapat menyampaikan keberatan atas tanggapannya dengan menyebutkan alasannya dalam waktu paling lambat 30 hari terhitung sejak tanggal penerimaan surat pemberitahuan mengenai permohonan tidak dapat didaftar atau ditolak. Apabila, pemohon atau kuasanya tidak menyampaikan keberatan atau tanggapan, Dirjen menetapkan keputusan tentang penolakan permohonan tersebut

• Akan berbeda, apabila pemohon atau kuasanya menyampaikan keberatan atau tanggapan, dan pemeriksa melaporkan bahwa tanggapan tersebut dapat diterima, atas persetujuan Dirjen, permohonan itu diumumkan dalam berita resmi merek. Akan tetapi, apabila pemohon menyampaikan permohonan dan pemeriksa melaporkan bhawa tanggapan tersebut tidak dapat diterima, atas persetujuan Dirjen, akan ditetapkan keputusan tentang penolakan permohonan tersebut

• Keputusan penolakan tersebut akan diberitahukan kepada pemohon atau kuasanya secara tertulis dengan menyebutkan alasannya

•Berkaitan dengan permohonan ditolak, seluruh biaya yang telah dibayarkan oleh pemohon atau kuasanya kepada Dirjen tidak dapat ditarik kembali

0

HKI : MEREK (BAGIAN 6)

Setelah pemohon mengajukan permohonan dengan catatan dimana permohonan untuk 2 kelas barang atau lebih dan/atau jasa (keseluruhannya dapat diajukan dalam satu permohonan dan pemohon harus menyebutkan jenis barang dan/atau jasa yang termasuk dalam kelas yang dimohonkan pendaftarannya), Direktorat Jenderal (Dirjen) melakukan pemeriksaan terhadap kelengkapan pendaftaran Merek. Dirjen ini mengacu pada Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual yang berada di bawah departemen yang salah satu lingkup tugas dan tanggung jawabnya meliputi bidang hak kekayaan intelektual, termasuk Merek.
Dalam hal ini, menurut saya, Dirjen yang dimaksud adalah Dirjen yang ada di bawah Kementerian Perdagangan Republik Indonesia.

Lalu, apa sajakah yang diperiksa oleh Dirjen?, berikut hal-hal yang harus diperhatikan oleh Pemohon
1. Permohonan diajukan secara tertulis dalam Bahasa Indonesia ditujukan kepada Dirjen dan harus mencantumkan : tanggal, bulan dan tahun; nama lengkap, kewarganegaraan, dan alamat Pemohon (apabila Kuasa hanya nama lengkap dan alamat Kuasa); warna-warna apabila ada unsur warna-warna; dan nama negara dan tanggal permintaan Merek yang pertama kali dalam hal Permohonan diajukan dengan Hak Prioritas

2. Permohonan harus ditandatangani, baik oleh Pemohon atau Kuasanya

3. Apabila permohonan untuk 2 kelas barang atau lebih dan/atau jasa, Pemohon dapat mengajukan dalam satu Permohonan dan harus disebutkan jenis barang dan/atau jasa yang termasuk dalam kelas yang dimohonkan pendaftarannya

4. Keterangan-keterangan yang sudah saya sampaikan sebelumnya (seperti permohonan yang diajukan lebih dari 1 pemohon atau apabila pihak yang berkepentingan atas merek menggunakan kuasa hukum)

Apabila Dirjen menemukan kekurangan dalam kelengkapan, pemohon harus memenuhi kelengkapan dalam waktu paling lama 2 bulan sejak tanggal pengiriman surat permintaan untuk memenuhi kekurangan tersebut.
Apabila kelengkapan persyaratan tersebut tidk dilengkapi oleh Pemohon dalam jangka waktu yang sudah ditentukan, Dirjen akan memberitahukan secara tertulis kepada pemohon atau kuasanya bahwa permohonannya dianggap ditarik kembali dan akibatnya adalah seluruh biaya yang telah dibayarkan kepada Dirjen tidak dapat ditarik kembali.

Hasil akhirnya : Apabila seluruh persyaratan administratif tersebut telah dipenuhi, permohonan tersebut diberikan tanggal penerimaan dan dicatat oleh Dirjen.

Akan timbul masalah, apabila ada perubahan terhadap permohonan pendaftaran merek setelah permohonan itu diajukan kepada Dirjen. Begini penyelesaiannya :
1. Pada intinya, perubahan atas permohonan hanya diperbolehkan terhadap penggantian nama dan/atau alamat pemohon atau kuasanya
2. Khusus untuk permohonan yang menggunakan kuasa, selama belum memperoleh keputusan dari Dirjen, Permohonan dapat ditarik kembali oleh kuasa, penarikan itu harus dilakukan berdasarkan surat kuasa khusus untuk keperluan penarikan kembali tersebut
3. Dalam hal permohonan ditarik kembali, segala biaya yang telah dibayarkan kepada Dirjen tidak dapat ditarik kembali

Menurut saya, alangkah lebih baik, apabila pemohon atau pihak yang berkepentingan untuk merek tersebut (yang menggunakan jasa kuasa) untuk benar-benar teliti untuk mencantumkan identitas maupun unsur substansi dari Merek yang akan diajukan permohonannya. Hal ini tentunya agar pemohon atau pihak yang berkepentingan akan merek tersebut tidak mengalami kerugian banyak hal terutama dari segi biaya! selain waktu, tenaga, dan juga “keuntungan bisnis”.

Untuk tahap setelah penerimaan permohonan pendaftaran merek, saya akan beritahukan lebih lanjut 😀