Banyak pelajaran dari Singapura

Beberapa hari terakhir ini, saya memang lagi disibukkan dengan agenda terjadwal dan tidak terjadwal. Nah, salah satu agenda terjadwal saya itu ikutan konferensi internasional lagi (akibat kegalauan akhir-akhir ini..hehehehee)
Tapi, bukannya rasa galaunya yang hilang, rasa stres dan tertekan pun mulai muncul kaya iritasi di muka saya yang makin lama makin sakit bahkan bisa bikin mewek secara nggak sadar.

Rasa stres dan tertekan itu diakibatkan oleh satu kata benda yang sederhana tapi ajaib banget keberadaannya; yaitu DATA!

Nah,satu kata itu bener-bener deeeh ajaib banget keberadaannya. Masalah saya adalah topik penelitian saya ini sok tinggi kelasnya. Udah gitu pakai bahasa Inggris pula lagi. Makin tambah cenat cenut gedar gedur nih otak saya. Cari perjanjian internasional (agreement) nggak ketemu-ketemu; padahal ruang lingkupnya regional. Rasanya itu udah mau nangis, batalin, mundur, gerah, geregetan tapi gimana dong masa’ harus dibatalin? Gengsi nih. Udah niatnya mau gaya-gayaan alias mejeng di acara konferensi tapi nggak jadi.. Eeeergghhhhh!!!

Akhirnya, ya mau gimana lagi,saya tetep deh empet-empetin cari data; dan akhirnyaa KETEMU!!! Uwaaaaaaaaaahh rasanya itu pasir ribuan kilo langsung lenyap keguyur hujan besar. Gimana nggak? Ada satu universitas di Singapura yang secara rapi menyimpan file-file tentang perjanjian internasional dalam ruang lingkup regional. Singkat kata, paper saya bisa selesai dengan diperolehnya data-data tersebut.

Satu renungan saya setelah paper saya itu selesai. Kenapa universitas di Indonesia belum ada yang melakukan digitalisasi data terkait dengan banyaknya perjanjian internasional? meski dalam ruang lingkup bilateral atau regional? Mungkin saya yang bodoh dalam melakukan pencarian keyword ya. Tapi, setiap saya cari perjanjian internasional itu disaat-saat genting dan sudah frustasi, pasti keyword saya itu selalu menunjuk ke laman universitas di Singapura itu. Lalu pertanyaan saya, apa saya jodoh dengan universitas tersebut? atau sama salah satu lulusannya? (eeh,yang ini jadi curcol,wkwkwkwkkwwkk)… Tapi, beneran deh. Bahkan data yang disediakan pun bisa diakses dalam bentuk pdf dan word.

Sebenarnya bukan bermaksud apa-apa ya saya dalam membuat tulisan ini. Tapi, keadaan yang sering kali berulang ke saya ini membuat saya jadi berfikir, pantas… pantas… pantas… dan beribu kata setelah kata pantas mulai terangkai di kepala saya. Saya hanya berfikir ketika ada satu universitas di negeri ini khususnya Fakultas Hukum yang mulai menyediakan satu web untuk digitalisasi data terkait tentang perjanjian internasional atau peraturan hukum apapun lah dan bisa diakses oleh publik, pasti banyak mahasiswa yang akan terbantu. Selain itu, apa coba manfaatnya, nama universitas tersebut pasti akan dikenal dan bukan tidak mungkin akan dijadikan universitas idaman oleh para calon mahasiswa tidak hanya di dalam negeri melainkan di luar negeri. Kenapa? Mereka pasti akan melihat, banyaknya kemudahan yang mendukung mereka untuk rajin menulis dan meneliti. Well, menurut saya, sekarang dunia ini sudah mulai hingar bingar karena kebanyakan orang lebih senang berbicara tapi sedikit yang suka menulis dan meneliti. Padahal menurut saya, menulis itu jejak pencapaian kita di dunia ini.

Saya pribadi, saya mendapatkan banyak pelajaran dari universitas tersebut. Ketekunan, ketelitian, kerapian, kecermatan, selalu membaharui informasi dan pribadi yang melayani untuk keperluan mahasiswa baik di dalam negerinya maupun di luar negerinya untuk penulisan karya ilmiah.

Saya sih berharap akan ada lah nanti satu dua tiga dan lebih banyak lagi universitas di Indonesia yang mau untuk memiliki program digitalisasi datašŸ˜€ Semogaa….

Leave a Reply

