Kemerdekaan Beda Zaman

Hari ini hari Kemerdekaan negeri tercinta kita ya.. Indonesia. Indonesia Raya.

Saya sendiri sih secara pribadi sudah lama nggak upacara dan rasa kangen pun juga timbul. Tapi, perasaan kangen itu bisa lah dipuaskan lewat melihat upacara di Istana Negara melalui TV. Senangnya para adik-adik SMU yang terpilih untuk menjadi pasukan pengibar penaikan dan penurunan Bendera Merah PutihšŸ˜€ Pasti rasa bangga dan terharunya udah level 100 deh (ngalahin edisi pedasnya keripik Mak ituh :D)

Kalau Hari Kemerdekaan gini, memori saya pasti selalu diingatkan dengan para pahlawan yang telah wafat di area peperangan. Buat saya pribadi, orang sipil pun yang membantu kerja para pahlawan (yang kebanyakan kita telah kenal) itu juga pahlawan; misalnya orang-orang yang mengangkat tandu atau orang-orang yang mengantarkan pesan; karena tanpa mereka pun juga berjuang untuk merebut kemerdekaan dengan kemampuan mereka meski kita terkadang melihat kemampuan mereka terbatas.

Trus, tahun 2014, ini makna Kemerdekaan itu apa dong? Buat saya, makna Kemerdekaan itu ya mengandung unsur memanfaatkan dan mempertahankan. Memanfaatkan dan mempertahankanĀ untuk apa yang sudah negeri ini berikan ke kita.

Saya, yang sekarang ini kecemplung di dunia yang banyak berkaitan dengan tulis menulis membaca dan mendengarkan serta berbicara, senang untuk mempertahankan hal-hal yang berkaitan dengan kegiata-kegiatan tersebut. Indonesia sudah memberikan suasana yang nyaman dan saya harus memanfaatkan suasana itu untuk bisa produktif dan mempertahankanya bahkan meningkatkannya. Saya sadar, apa yang saya tuliskan ini, memang klise dan hanya enak untuk dibicarakan. Tapi, saya lebih senang untuk bertindak dari hal-hal yang kecil. Salah satunya lewat blog ini. Kemerdekaan memberikan saya kenyamanan atas suasana yang kondusif dalam menggunakan fasilitas teknologi. Saya bisa memperoleh jaringan sinyal yang baik dan lancar. Dari sinyal yang baik itu, saya bisa memanfaatkan fasilitas blog gratis dan saya pakai untuk membantu adik-adik mahasiswa yang sedang butuh teman diskusi terkait pembuatan tugas kuliah akhir atau skripsi. Bersyukur saya bisa terus mempertahankan hingga 1 tahun lebih dan saya berharap bisa sampai belasan tahun atau bahkan puluhan tahun blog ini dapat diakses dan berguna..hehehehee.. Ā Jadi itu makna kemerdekaan untuk saya..

Selamat Hari Kemerdekaan negara yang saya sayangi. Semoga panjang umur dan namamu makin harum di dunia internasionalšŸ˜€

Leave a Reply

