0

Yogyakarta ke Solo *acara Seminar Internasional*

Kemarin, kali keduanya saya berangkat ke Solo guna menghadiri acara seminar internasional. Ya,teman dekat saya mengajar Hukum Internasional di sana dan saya diberitahukan informasi dan langsung cuus tanpa pikir panjang. Setelah mengurus seluruh administrasi pendaftarannya, saya pun mulai merancang keberangkatan saya.

Memang agak sedikit berlebihan, namun acaranya cukup pagi rupanya jam 08.30 dan saya pun tidak punya rencana untuk menginap sehari sebelumnya. Saya pun browsing via internet untuk tahu jam berapa kereta berangkat di pagi hari. Alhamdulillah ada! Jam 08.00 ada jadwal keberangkatan kereta. Jam 07.00 saya berangkat ke stasiun Tugu Yogyakarta dan sampai disana 07.30. Beli tiket dan ternyata saya dapat kereta Sriwedari non AC! Agak kaget sih, tapi, yasudahlah gpp. Yang penting saya berangkat dengan estimasi saya sampai di Solo jam 09.00 *telat 30 menit dari jadwal acara seminar*.

Kereta pun berangkat jam 08.00 lebih sedikit! Saya dapat tempat duduk *eniwei, saran saya, lebih baik naik kereta dari stasiun Tugu kalau mau dapat tempat duduk untuk kereta Non AC* dan kereta pun tidak terlalu penuh meski cukup ramai. Pemandangan pun dipenuhi oleh mahasiswa-mahasiswa yang mungkin ada acara resmi juga *mereka memakai jaket almamater*, orangtua dan anaknya yang ingin plesiran, ataupun pekerja yang tiap akhir minggu pulang ke Solo karena mereka bekerja di Yogyakarta

Alhamdulillah, lancar dan perjalanan pun berhenti di stasiun Solo Balapan pukul 09.00 lebih sedikit *tapi nggak sampai 30 menit*. Keluar dari stasiun Solo Balapan, saya mulai berpikir untuk mengatur perjalanan ke UNS (Universitas 11 Maret Surakarta). Saya diberitahu oleh teman kuliah saya, saya bisa naik Bis Atmo. Oke, skenario saya pertama : saya naik Bis Atmo dari depan stasiun Solo Balapan *note : bis lewat di depan persis Stasiun Balapan (bukan berlawanan arah) dan saya akan tanya apakah bis akan turun di kampus karena saya lupa Bis Atmo jurusan mana (ini saya lakukan ketika saya datang untuk seminar kali pertamanya ke Solo tapi saat itu saya ingat jurusan Bis Atmo). Tapi, Sabtu kemarin rupanya saya tidak beruntung untuk menemukan bis. Saya tunggu hampir 15 menit dan saya mulai gelisah karena sudah hampir 1 jam acara seminar dimulai.

Saya berpikir, skenario 2 harus jalan. Saya akhirnya memutuskan naik taksi. Alhamdulillah, sopir taksi nya baik sekali. Saya sampai di kampus setengah sepuluh lebih sedikit. Untung jalanan di Solo tidak ramai. Jadinya taksi yang saya naiki tidak terlalu pelan jalannya.

Saya sampai di kampus, jam 09.30 lebih sedikit dan menuju venue *untung saya sudah hapal dengan lokasinya*. Setelah saya menandatangani daftar hadir dan diantar panitia untuk memasuki ruang auditorium *note: mahasiswa UNS baik dan ramah sekali kepada tamu seminar bahkan salah satu mahasiswa berjalan dan menghampiri ketika taksi yang saya naiki berhenti di depan ruang auditorium dan menyapa saya sambil mengucapkan salam dan tersenyum*, saya pun mencari tempat duduk yang enak posisinya.

Alhamdulillah, ternyata saya melupakan sesuatu! Waktu 30 menit pertama ada sambutan dari pihak kampus dan ketika saya duduk, acaranya pun baru akan dimulai! Saya pun tidak ketinggalan satu materi pun. Apalagi ada salah satu narasumber yang saya senangi dan beliau berasal dari salah satu negara di Asia Selatan. Beliau humble, smart, dan punya pengalaman luas! *beliau bekerja untuk salah satu lembaga di United Nations*

Sungguh, saya mengucapkan terima kasih ke teman dekat saya atas suguhan ajakan ilmu yang indah sekali! Bukan hanya topik seminar yang menyenangkan dan bisa mengisi otak saya, akan tetapi juga menyuguhkan pemandangan tingkah laku mahasiswa selaku panitia yang ramah dan sopan kepada tamu seminar.

Males juga kan kalau datang ke seminar *sudah dari tempat yang jauh* eh panitianya apalagi mahasiswanya bertingkah laku yang nggak sopan dan ramah kepada tamu seminar.

Next time, kalau saya ada waktu dan saya diberitahu, saya akan usahakan untuk datang apabila ada seminar di kampusnya 🙂   Terimakasih ya,sistaa 🙂