Selamat jalan, Pak dosen…

Hari kemarin tanggal 12 Februari 2013 adalah hari berduka bagi kami, keluarga besar Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada. Salah satu, pendidik terhebat yang dimiliki oleh Fakultas Hukum telah dipanggil oleh Allah SWT untuk selamanya.

Wall akun media sosial saya,FB, serta time line saya di Twitter pun diisi dengan  banyaknya ucapan duka cita “Innalillahi wainaillaihi roji’un atas meninggalnya Bapak Fajrul Falaakh”..

Saya sendiri awalnya masih belum percaya atas berita itu, sampai saya tanya ke teman saya, dan beliau memang menjawab bahwa pak Fajrul memang adanya telah meninggal dunia (saya memang punya unsur “denial” yang besar kalau ada yang meninggal dan yang saya tahu)

Saya memang tidak mengenal sosok beliau dengan lama. Saya ingat, dulu saat saya masih dibangku kuliah strata I, pernah diajar beliau meski sebentar (hanya beberapa kali tatap muka). Selama mengajar pun, yang saya masih ingat sampai sekarang adalah beliau kerap menggunakan kalimat-kalimat yang memiliki arti tinggi sehingga kemampuan otak saya mencerna kalimat-kalimat beliau itu pol-pol-an, nggak jarang juga, saya nggak ngerti kalimat beliau,tapi supaya tetap ngerti, saya nggak berhenti mencatat supaya nanti saya bisa baca lagi dan pahami lagi dengan lebih dari 3 kali membaca! Tapi itulah,beliau! Beliau bisa mengajarkan saya untuk bisa memahami bahasa yang sulit dan anehnya, saya juga nggak kapok untuk datang kuliah saat beliau mengajar..

Satu lagi yang berkesan buat saya tentang beliau yaitu saya masih ingat bagaimana penampilan beliau, santai, klasik, sederhana, tapi tetap terlihat “berat” dalam arti “pemikir” dan memang nggak salah kalau beliau disebut pakar Hukum Tata Negara. Bahkan meski, saya sudah nggak diajar lagi oleh beliau, ketika saya mendengar nama beliau, ya, otak saya tersambung dengan sosok beliau yang berpenampilan sederhana, santai dan klasik itu serta “pemikir-nya”…

Selamat jalan Pak Fajrul… Semoga  Allah SWT meninggikan tempat Bapak di sisi-Nya, setinggi pengabdian Bapak bagi bangsa dan negara ini.. Aamin aamiin aamiin…

Bunga Duka Cita (foto: Casavina Florist)

Bunga Duka Cita (foto: Casavina Florist)

 

Leave a Reply

