HKI : DESAIN INDUSTRI (BAGIAN 3)

Untuk subyek Desain Industri ada beberapa ketentuan antara lain:
1. Yang berhak memperoleh Hak Desain Industri adalah Pendesain atau yang menerima hak tersebut dari Pendesain
2. Dalam hal Pendesain terdiri dari atas beberapa orang secara bersama, Hak Desain Industri diberikan kepada mereka secara bersama kecuali perjanjiannya lain
3. Jika suatu Desain Industri dibuat dalam hubungan dinas dengan pihak lain dalam lingkungan pekerjaannya, pemegang Hak Desain Industri adalah pihak yang untuk dan/atau dalam dinasnya Desain Industri itu dikerjakan, kecuali ada perjanjian lain antara kedua pihak dengan tidak mengurangi hak Pendesain apabila penggunaan Desain Industri itu diperluas sampai ke luar hubungan dinas. Hal ini juga berlaku bagi Desain Industri yang dibuat orang lain berdasarkan pesanan yang dilakukan dalam hubungan dinas
4. Desain Industri yang dibuat dalam hubungan kerja atau berdasarkan pesanan, orang yang membuat Desain Industri itu dianggap sebagai Pendesain dan Pemegang Hak Desain Industri, kecuali jika diperjanjikan lain antara kedua pihak

Lalu apakah Pendesain itu sama dengan Pemegang Hak Desain Industri? Menurut saya, sih beda ya. Belum tentu setiap Pendesain itu menjadi Pemegang Hak Desain Industri atau sebaliknya (karena hal tersebut menjadi relatif ketika ada para pihak tersebut melakukan perjanjian lainnya).

Lalu, apakah, Hak Desain Industri itu?Hak Desain Industri adalah hak ekslusif yang diberikan oleh negara Indonesia atas hasil kreasinya untuk selama waktu tertentu melaksanakan sendiri , atau memberikan persetujuannya kepada pihak lain untuk melaksanakan hak tersebut.

Pemegang Hak Desain Industri memiliki hak eksklusif untuk melaksanakan Hak Desain Industri yang dimilikinya dan untuk melarang orang lain yang tanpa persetujuannya membuat, memakai, menjual, mengimpor, mengkespor, dan/atau mengedarkan barang yang diberik Hak Desain Industri kecuali pemakaian Desain Industri untuk kepentingan penelitian dan pendidikan sepanjang tidak merugikan kepentingan yang wajar dari pemegang Hak Desain Industri.

Hak Desain Industri dapat beralih atau dialihkan dengan pewarisan, hibah, wasiat, perjanjian tertulis, dan sebab-sebab lain yang dibenarkan oleh peraturan perundang-undangan. Pengalihan Hak Desain Industri ini disertai dengan dokumen tentang pengalihan hak dan segala bentuk pengalihannya wajib dicatat dalam Daftar Umum Desain Industri pada Dirjen dengan membayar biaya dan diumumkan dalam Berita Resmi Desain Industri.

Ada konsekuensi terkait dengan pencatatan segala bentuk pengalihan yaitu pengalihan Hak Desain Industri yang tidak dicatatkan dalam Daftar Umum Desain Industri tidak berakibat hukum pada pihak ketiga.

Pengalihan Hak Desain Industri tidak menghilangkan hak Pendesain untuk tetap dicantumkan nama dan identitasnya, baik dalam Sertifikat Desain Industri, Berita Resmi Desain Industri, maupun dalam Daftar Umum Desain Industri.

Oke, diatas sudah ada kata Pendesain ya,lalu apa pengertian dari Pendesain itu? Pendesain adalah seorang atau beberapa orang yang menghasilkan Desain Industri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s