A Blessing of International Conference of International Law

Hari ini hari yang menyenangkan sekali untuk saya.. Bersyukur, senang, haru, rindu dan memorable sekali buat saya..
Kenapa?
1. Saya memperoleh undangan khusus dari rekan sejawat saya yang berprofesi di salah satu PTN di Solo untuk menghadiri konferensi internasional yang membahas tentang Laut Cina Selatan dan peranan ASEAN terhadap nya..
Otomatis, saya dapat ilmu baru dimana saya sudah sejak lama tidak bersentuhan langsung dengan HI melainkan hanya sebatas tatap buku perpustakaan maupun via googling.. Anyway, saya ingin ikut aktif lagi untuk diskusi bulanan dosen di lingkungan kampus FH UGM🙂
2. Saya diingatkan kembali untuk merasakan diajar oleh salah satu dosen favorit saya yaitu Bapak Jaka Triyana.. Ooemjiii… To be honest, saya suka sekali dengan cara mengajar beliau. Bahkan, saya meniru 1000% cara beliau mengajar di kelas.. Ada teror pertanyaan, ada serius, tapi ada juga ketawa cekikikan.. Semua jadi satu! Satu lagi, beliau itu fair dalam memberikan nilai dan beruntunglah saya karena saya selalu mendapatkan nilai A di mata kuliah Hukum HAM Internasional dan Hukum Humaniter Internasional *anyway, 2 buku ajar darinya, saya masih simpan rapi*

Intinya dari seminar hari ini adalah saya dapat ilmu mengenai peranan ASEAN dalam menangani konflik Laut Cina Selatan, narasumber lainnya (berasal dari Australia) selain dosen favorit saya, Pak Jetto, dan suasana kuliah Hukum Internasional yang sangat mengangeniiii *kangennya sejuta rasanyaaa*!
Tak ketinggalan, rekan sejawat yang selalu meng-inspire saya di setiap waktu.. Ibu dosen muda Rachma🙂

Leave a Reply

