(Masih) Hujan? Atau (Harusnya) Kemarau?

Akhir-akhir ini cuaca menjadi hal yang bisa buat hati jadi was-was.. Gimana,nggak? Hari ini panaaasnya minta ampun, besoknya hujan.. Atau tiga hari panaaaaaasss, besoknya hujan.. Bisa juga tiap hari hujan tanpa panas melainkan hanya setengah mendung tanpa hujan di siang hari, atau tiga hari hujaaan deras plus gluduk-gluduk, eh besoknya panaas teriiiik dan sampai berhari-hari..

Saya jadi ingat saat dulu kelas 3 SMU dan ikut bimbel dan pas belajar mata pelajaran Geografi.. Musim pancaroba itu terjadi pada 4 bulan di Indonesia.. Karena gurunya lucu dan suka mengajarkan kami untuk pakai singkatan-singkatan, akhirnya musim pancaroba itu di Indonesia adalah bulan S.O.M.A., yaitu bulan September, bulan Oktober, bulan Maret dan bulan April..

Bulan September dan bulan Oktober itu peralihan dari musim kemarau ke musim hujan.. Well, bulan Desember dan bulan Januari itu dua bulan yang tinggu curah hujannya.. Sedangkan, bulan Maret dan bulan April itu peralihan dari musim hujan ke musim kemarau..

Tapi, sepertinya, ajaran ibu guru saya sudah tidak berlaku lagi.. Sekarang bulan-bulan itu sudah tidak bisa berjanji lagi akan menunaikan tugasnya dengan baik.. Akibat banyaknya isu lingkungan yang disebabkan manusia, alam sudah berubah.. Bahkan musim hujan dan musim kemarau sudah tidak bisa diprediksi lagi bagi orang-orang awam, termasuk saya..

Saya harus pergi sepagi mungkin dan harus pulang minimal jam 15.00 sore dan paling telat jam 16.15 karena takut kejebak hujan besar dan akibatnya lama menunggu bus kota.. Padahal bulan Mei sudah berlalu dan hari ini, tepat awal bulan Juni.. Saya nggak bisa bayangin, kalau bulan Juni masih hujan dan bukan kemarau (yang seharusnya), kapan musim kemaraunya dan akan berapa lama bersama kita?

Hanya rumput yang bergoyang dan tembok yang berkicau yang bisa menjawabnya..😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s