Cari Tahu tentang UDRP, Yukss!

Ini salah satu jawaban saya atas kegundahan selama baca peraturan hukum nasional tentang elektronik-elektronik dan dikaitkan dengan HAKI.. Well, saya memang belum baca seluruhnya sih.. Tapi, as soon as possible, i will!! Bukan apa-apa ya, saya lagi kehilangan satu bendel besar berisi peraturan hukum tentang HAKI (hak cipta, merek, paten, rahasia dagang, desain tata letak sirkuit terpadu, desain industri, dan pemuliaan varietas tanaman) jadinya saya belum bisa men-jembreng-kan (bahasa pribadi saya untuk membandingkan dan ada kebiasaan tertentu yang bikin orang lain bakal komentar “BUSEETT! GA PUSING ITU!” kalau liat kelakuan saya😀😀

Ada 1 ketentuan yang berlaku yang tercantum dalam UDRP bahwa si penggugat harus dapat membuktikan 3 poin (pembuktian terbalik) kepada Panel bahwa pemegang nama domain telah melakukan pelanggaran.. Setidaknya itulah yang bisa saya jadikan pegangan bahwa menurut saya, apapun jenis HAKI apabila sudah dimasukkan ke media elektronik dapat saja diterapkan ketentuan-ketentuan tersebut. Tentunya, ketentuan-ketentuan tersebut berlaku bagi kondisi internasional.. Lalu bagaimanakah dengan kondisi di nasional?

Kalau saya pribadi jawabannya tergantung dilihat dari segi mana😀😀

Leave a Reply

