Judul Skripsi Hukum Internasional

Saat saya menempuh kuliah Ilmu Hukum di Universitas Gad*ah Mada tahun 2004-2008, saya mengambil konsentrasi Hukum Internasional.. Saya mengambil konsentrasi itu karena

Saya ngefans dengan dosen-dosennya.. Mereka mengajar dalam bentuk diskusi dimana setiap mahasiswanya diberikan kesempatan yang sama untuk menjawab.. Dan mereka menekankan apapun jawabannya harus mendasarkan pada dasar hukumnya meski terkadang jawaban saya *khususnya* masih salah atau kurang tepat.. Tapi, itu bukan masalah bagi mereka karena ini kan belajar kalaupun salah itu masih wajar dan maka dari itu harus dicari yang benar dan tepat itu seperti apa..

Saya sangat menikmati selama belajar di konsentrasi hukum internasional.. Hingga, pada semester akhir saya menulis judul

“Pelaksanaan Intervensi Kemanusiaan dalam konflik bersenjata non-internasional di Darfur” dan Alhamdulillah dapat nilai B!😀

Alasannya saya suka hukum humaniter dan selama perang pasti anak-anak, kaum tua, dan ibu-ibu yang lebih banyak mendapatkan kerugian dan perlakuan yang menyedihkan.. Terlebih lagi, Afrika merupakan negara yang seringkali terjadi perang antar suku maupun antar ras..

Dalam skripsi ini, saya membahas dengan melibatkan kajian terhadap perjanjian internasional yang berlaku dan pendapat para ahli dari negara-negara maju. Saya menganalisa peraturan hukum internasional tersebut dengan peristiwa yang terjadi di Darfur (dalam hal ini apakah ada bentuk intervensi kemanusiaan? Bentuknya seperti apa?)

Bagi teman-teman yang tidak sengaja menemukan dan membaca blog saya dengan judul ini.. Saya dengan senang hati akan membantu teman-teman dengan berdiskusi (saya tidak membantu untuk mencarikan atau membuatkan judul skripsi).. Mungkin tema skripsi tentang Hukum Pengungsi, Hukum HAM, Hukum Humaniter ataupun Hukum Ekonomi Internasional bisa menjadi pilihan.. Atau Hukum Lingkungan Internasional atau Hukum Adat yang bisa dikaji dengan perangkat hukum internasional seperti United Nations Declaration on the Rights of Indigenous Peoples juga menarik..

Misalnya : Pengaruh ASEAN Economic Community Blueprint dengan sektor pariwisata di Indonesia atau Tinjauan Konvensi Jenewa 1949 atas dugaan kejahatan kemanusiaan dalam konflik bersenjata non-internasional di Suriah..

Oke,selamat menulis skripsi!😀

278 thoughts on “Judul Skripsi Hukum Internasional

  1. hi mbak dyah, saya ingin bertanya saya sedang mengajukan judul skripsi mengenai penjualan sirip hiu yang skrg lagi booming itu mbak, kira2 apa judul yang tepat untuk masalah itu ya mbak?terimakasih mbak dyah

Leave a Reply

