Gaya Mahasiswa saat Ujian

Minggu ini,saya ngawas 3 hari untuk ujian.. Lumayan seru dan menjadi hal yang baru bagi saya.. Selain itu, saya diberikan tugas untuk mengawasi kelas yang cukup besar, sekitar 40-50 mahasiswa.. Sebenarnya saya biasa saja mengawasnya.. Tapi,memang jadi luar biasa bagi mereka..
Pada dasarnya, saya memaklumi kalau ada mahasiswa yang lirik ke meja teman sebelahnya.. Karena saya juga tahu, tulisan temannya itu juga belum tentu terbaca dengan jelas.. Saya hanya melihat dan menatap tajam dengan mata mahasiswa tersebut sesering mungkin supaya dia merasa terawasi.. Dan biasanya, mata mahasiswa tersebut langsung pura-pura lihat ke atas serasa pemikir*..Hehehehe…Lucuuuu😀
Akan tetapi, beda halnya kalau mahasiswa tersebut sudah komat-kamit mulutnya dengan teman sebelahnya.. Untuk pertama kali mahasiswa tersebut komat-kamit itu, saya masih bisa maklumin dan hanya menatap tajam dan menegurnya.. Begitu, dia melakukannya untuk selanjutnya, maaf, saya tidak ada ampun.. Nama dan NIM-nya akan saya tulis dengan keterangan terlihat bertanya dengan teman sebelahnya meski sudah ditegur oleh petugas ujian..

Jadi ingat saat saya melakukan ujian😀😀😀 Cenderung lamaaaa sekali mengerjakannya sampai waktunya habis sampai-sampai teman saya mangkel kalau nungguin saya ujian.. Hehehehehe.. Tapi, selama saya sekolah, SD, SMP, SMU (kecuali kelas 2 dan kelas 3 dimana saya bandel “doyan cabut” karena gurunya nggak asyik sama sekali tapi tidak curang untuk ujian) dan kuliah, saya selalu sportif dalam mengerjakan ujian. Apapun hasilnya! Apapun itu! Kalau memang hasilnya jelek, ya diulang alias remedial atau belajar lagi atau ikut les atau minta ajarin teman..

Tapi, jangan untuk berbuat curang dengan tanya sana sini.. Toh, belum tentu juga teman yang dimintai jawaban itu benar.. Iya bukan?

Leave a Reply

