Bus dalam kota nasibnya kasihan! BBM pun ikut musuhan

Semenjak saya sekolah SMU, saya adalah pecinta dan pengguna angkutan kota.. Dulu saat saya masih SMU, saya naik Koasi (sejenis mobil kecil yang dicat warna merah dan naik yang jalur 05).. Lalu, saya diterima di Yogyakarta..Kuliah pun juga naik bus kota..Dari yang tarifnya Rp 1000 sampai sekarang Rp 2500…Tarif itu untuk jauh dekat..Tapi memang ada kendalanya untuk bis dalam kota di Yogya..Jam operasionalnya termasuk pendek..Dari jam 7 pagi sampai jam 5 sore..Tapi, untuk beberapa jalur, jam 4.30 sore sudah terakhir operasional..Lucunya bis-bis di Yogya hanya ada beberapa jalur untuk seluruh jalan besar di Yogyakarta.. Jadi katakanlah mau ke mal Malioboro, Kamu hanya bisa naik jalur 4 atau jalur 2 dan turun di belakang Malioboro.. Atau kalau mau ke mal Galeria, kamu bisa naik jalur 2 *turun Gramedia dan jalan ke arah timur karena sepanjang jalan Galeria tidak ada bis dalam kota*.. Dulu jaman tahun 2006, bus jalur 6 *salah satu jurusan ke mal Galeria masih ada..tapi nggak tahu sekarang*

Kemarin, saat saya naik bis dalam kota dan supirnya mau isi bensin di pom bensin, petugas pom bensin bilang “SOLAR HABIS”.. Saya pikir hanya sore itu.. Ternyata tidak! Sampai keesokannya, supir bis masih ngeluh sama keneknya kalau solar masih kosong di pom bensin ya lebih baik pulang dan nggak narik.. Kasian! Bagaimana nasibnya kalau nggak bisa operasional? Sampai hari ini bis dalam kota juga masih sedikit yang operasional..Mungkin bahan bakarnya masih kosong di beberapa pom bensin..
Belum lagi, bis dalam kota bersaing dengan bis Trans Yogyakarta untuk cari penumpang.. Meski bis Trans Yogyakarta jam operasionalnya lebih panjang, saya lebih milih bis dalam kota karena tempat duduknya lebih banyak..Meski masih ada copet juga lha yaaaw dan pakai Angin Cemilir-cemilir😀

Saya berharap kendaraan besar yang banyak membantu studi saya bisa terus berjalan dan tidak hidup segan mati tak mau.. Hidup Bis dalam kota!!😀

Leave a Reply

