CUMLAUDE? Kewajiban atau Bonus? Itu pilihan!

Untuk minggu ini, saya rajin buat cerita sekitaran pembuatan tesis dan korelasinya..Salah satunya adalah CUMLAUDE..Yaaahh,,bagi teman-teman saya dulu waktu kuliah S1,mereka berlomba-lomba untuk mendapatkan nilai sesempurna mungkin..Mereka cenderung akan duduk di baris paling depan..Paling jelek ya baris ke 2 atau ke 3..Rajin nyatat dan nggak pernah bolos kuliah apalagi titip absen😀
Bahkan,saya masih ingat,dulu saat ujian akhir satu mata kuliah,ada salah satu temen saya yang ngumpetin bahan ujian dari dosen..ckckckckckck…Ga kebayang kenapa mesti begitu..
Lalu,saya sendiri dalam kategori yang mana ya?Saya mahasiswa yang doyan datang telat… Kadang duduk di baris ke 2, baris ke 3.. Tapi, saya keseringannya duduk di baris yang ke -sekian..Udah gitu di pinggir lagi..😀
Kalau masalah mencatat, saya termasuk rajin..Bukan kenapa-kenapa ya, tapi lebih ke alasan supaya nggak ngantuk..Hehehe..Setiap kali mau selesai kuliah,saya selalu tanya temen dekat yang duduk di sebelah saya atau kirim sms ke dia nanya abis kuliah ini mau makan dimana..Maklum,anak kos..Sarapan pagi ya cuma “Minum Makanan Bergizi” yang pada akhirnya saya terkadang malah kebelet buang air kecil..

Balik lagi ke Judul..Selama saya kuliah S1, saya termasuk mahasiswa yang SKS kalau mau ujian..*Sistem Kebut Semalam* jadi sisa waktu yang lainnya sebelum ujian, saya habiskan untuk ikut latihan eskul dan bahasa asing..Tapi, saya ngambil jurusan atau konsentrasi yang saya memang suka..makanya tanpa saya banyak belajar,saya bisa ngerjain saat ujian.. Alhamdulillah..Trus gimana dengan CUMLAUDE?Saat itu, saya hanya ingin menyenangkan hati mama papa saya..Tapi, satu prinsip yang saya ambil..Kalau nilai saya sudah B,saya nggak akan ngulang..Jadi,kalau nilai dapat C,ya saya ulang..Saat itu,seinget saya, saya hanya mengulang 1 mata kuliah karena saya telat ngumpulin ujian take home😦 *memang salah saya*

Lalu, untuk di S2 ini,saya lebih santai..Prinsip saya ya tetep saya pegang..Nilai B tidak akan diulang..Alhamdulillah,saya nggak pernah ngulang..Lalu,bagaimana dengan CUMLAUDE? Alhamdulillah,sepertinya saya tidak mendapatkannya..Buat saya adalah ilmunya bukan nilainya.. Memang saya juga nggak naif-naif sekali tentang IPK yang bagus..Saya juga masih mengejar IPK saya bagus saat masih ada teori kuliah..Tapi, saya rasa IPK untuk S2 mendapat >3,5 sudah bagus deh😀
Lagipula,saya juga bukan freshgrad dan mungkin CUMLAUDE akan hanya dijadikan penghias untuk bekerja..*sok hibur diri*

Bagi saya adalah nilai IPK harus dikejar semaksimal mungkin..Tapi jangan jadikan nilai itu segalanya..Dapat CUMLAUDE adalah bonus! Tapi,ga dapat CUMLAUDE juga ga masalah, asalkan nilai jangan jelek-jelek banget..Karena nanti setelah kita bekerja yang dinilai paling penting adalah kemampuan..Saya rasa perusahaan akan lebih menilai kinerja kita melalui kemampuan kita meski tidak mengeyampingkan juga prestasi akademik kita.. Tapi, alangkah lebih bagusnya prestasi akademik tidak berbeda jauh dengan kemampuan kita😀

Leave a Reply

