Judul Skripsi Hukum Bisnis

Pertengahan tahun 2012, saya bingung mau cari judul tesis apa.. Tapi, saya sudah menentukan sejak awal saya ingin melanjutkan kuliah S2.. Saya ingin membahas tentang Investasi atau Penanaman Modal.. Saya tertarik membahasnya karena
1. Dosen pembimbingnya terkenal baik :D
2. Tidak begitu banyak yang membahasnya (untuk di kampus saya lho)

Terus, saya mikir, saya mau ambil judul yang sekiranya penelitiannya di Jogja saja dan saya mau membahasnya dengan menggabungkannya dengan hukum internasional (sesuai dengan konsentrasi saat saya menempuh S1)

Lalu judul tesis saya adalah “Pengaturan Perencanaan dan Promosi Industri Pariwisata di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta” dan Alhamdulillah dapat nilai A :D :D

Secara garis besar, saya membahas mengenai sektor pariwisata di Yogyakarta dan dikaitkan dengan kajian peraturan hukum tentang Rencana Umum Penanaman Modal dan perizinannya serta implementasinya. Selain itu, saya juga mengaitkannya dengan perjanjian “provinsi kembar” atau yang dikenal dengan Sister Province yang telah dibuat oleh Yogyakarta (dalam hal ini saya hanya mengaitkannya dengan Prefektur Kyoto, Jepang)

Bagi teman-teman yang ingin berdiskusi mengenai judul hukum bisnis, dengan senang hati saya akan bantu lho! Mungkin HAKI bisa menjadi trending topic atau hukum Pasar Modal, hukum Perbankan, hukum Asuransi dan kaitannya dengan OJK bisa menjadi topik yang menarik juga secara juga masih baru dan masih hangat-hangatnya.. Atau, hukum Investasi *promosi* mengingat negeri kita ini pertumbuhan ekonominya bagus lho *katanya* jadi bisa dikupas tuntas.. Ga ketinggalan, hukum Perdagangan Internasional juga ga kalah menarik lho :D :D :D

Misalnya : Pertanggungjawaban Negara berkaitan dengan Karya Seni ditinjau dari Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2002;  Tinjauan Yuridis Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2004 jo Undang-Undang Nomor 23 Tahun 1999 terhadap Peranan Otoritas Jasa Keuangan atas lembaga perbankan dalam masa transisi; atau Perlindungan Nasabah atas terjadinya Manipulasi Pasar atas perdagangan saham (dengan kasus PT X)

 

Okee, selamat menulis skripsi ya! :D

234 thoughts on “Judul Skripsi Hukum Bisnis

  1. mba boleh minta saran judul ttg hukum perbankan dari segi normatif?
    beberapa saran mba diatas sudah saya kerucutkan tetapi masih bingung dengan pokok permasalahannya..
    mohon pencerahannya..
    Terima Kasih

    • Menurut saya kalau normatif kan membahas dari segi UUnya saja kan,mas?
      Contoh dari saya,mas mungkin bisa membahas bagaimana kewenangan OJK dengan Bank Indonesia terkait dengan bagaimana masa transisi mengenai pengawasan bank? (sebelum ada OJK, bank diawasi oleh BI. Sedangkan, begitu OJK dibentuk, Bank tidak diawasi oleh BI). Mas bisa komparasikan UU tentang OJK dengan UU tentang Bank Indonesia.
      Tapi, contoh dari saya ini tidak saklak (tidak harus dituruti) lho,ya, hanya contoh dari saya. Jadi,mas msh bisa kembangkan yg lainnya
      Saran saya, coba mas baca dulu secara komprehensif UU tentang OJK dengan UU tentang Bank Indonesia. Pasti ada celah yang bisa dipakai untuk rumusan masalah
      Begitu,mas..

  2. salam mba..
    saya mau minta rekomendasi judul buat skripsi saya.
    masalahnya tentang UU Keperawatan yang belum juga diUndangkan. padahal UU itu sangat dibutuhkan. tapi saya mau neliti di bidang perdata.y
    itu bisa gx ya mba?

    • Salam kembali,mas..
      Kalau menurut saya, kalau mas mau meninjau tentang UU Keperawatan itu belum bisa,mas.
      Terlebih lagi mau dikaitkan dengan hukum perdata karena itu kan masih berbentuk RUU (secara de jure juga belum berlaku)
      Kalau mas mau membahas mungkin bisa dari Permenkes-nya dan difokuskan mau menggunakan Permenkes yang mana.
      Begitu mas..

      • BPSK itu salah satu lembaga peradilan konsumen yg berkedudukan ditiap daerah tingkat II kabupaten/kota. tugasx melaksanakan penaganan dan penyelesaian sengketa konsumen melalui mediasi, arbitrase atau konsiliasi. dalam menjatuhkan putusan BPSK memiliki wkt paling lambat 21 hari setelah gugatan diterima. dalam wkt yg relatif singkat trsbt efektif tdk putusan BPSK tsb.. itu yg aku mau kaji mba’..menurut mba’bagaimana..mohon saranx mba’?

      • Mbak mau kaji dari segi putusan BPSK efektif atau tidak dari segi normatif?
        Kalau menurut saya,selama mbak punya referensi yg cukup mengenai indikator “suatu putusan itu efektif atau tidak” ya silahkan.
        Kalau saya pribadi, saya akan lbh senang mengangkat satu kasus kemudian dianalisa bagaimanakah pelaksanaan dari putusan tersebut. Dalam arti, apakah hasil putusan dr BPSK itu dilaksanakan atau tidak oleh para pihak yg bersengketa atau tdk..
        Buat saya itu jauh lebih mudah dibandingkan dengan mencari normatifnya suatu putusan BPSK yg dikeluarkan itu efektif atau tidak.
        Tapi,kl mbak tetap mau membahas dr segi normatifnya,silahkan. Dilengkapi dulu saja refrensinya ttg indikator efektif/tidaknya putusan yg dikeluarkan BPSK
        Begitu,mbak..

  3. mbak saya Carla lagi nih . . hehe . .
    saya mau tanya mbak . . saya kan lagi susun proposal skripsi . . topiknya ya yg pertanggungjawaban direksi berkaitan dengan business judgement itu mbak, tapi saya pake studi kasusnya merpati di judul saya . . jadi saya bingung buat bikin rumusan masalahnya . . misalnya gini mbak 1.Bagaimanakah tanggung jawab direksi terhadap kerugian PT berdasarkan Business Judgement Rule ? gtu aja atau ditambahin sama studi kasusnya merpati mbak? trus saya mau buat rumusan masalahnya 2 , yg 1 nya apa ya mbk . . apa yg 1 cuma dari tanggung jawab direksi secara umum , trus rumusan masalahnya yg ke 2 bru studi kasus itu mbk ?
    mohon dibantu , hehe . . makasih mbak . . :)

    • Iya,mbak..
      Kalau menurut saya, mba bisa pakai rumusan masalah yg mbak kehendaki (1) Tanggung jawab Direksi secara umum dan (2) Tanggung jawab Direksi atas BJR dalam kasus Merpati.
      Tapi kalau menurut saya, mbak juga bs kembangkan lagi (kalau mbak dapat data detailnya)
      1. Bagaimanakah pengaturan atas pertanggungjawaban Direksi atas BJR dalam kasus Merpati berdasarkan UU tentang PT? (ini secara normatifnya dalam arti ketentuan dalam UU tentang PT dikomparasikan dgn kasus)
      2. Bagaimanakah akibat pelaksanaan dari BJR tersebut dalam kasus Merpati? (disini mbak bisa paparkan apakah Direktur dalam kasus Merpati itu merugikan atau tidak lalu dampaknya bagaimana)
      Begitu,mbak..

  4. oiya mbak . . bisa juga itu mbak . . hehe klo tanggung jawab secara umum itu kan sptnya sudah banyak yg tulis , jdi dapat ide dr mbk yg 2 rumusan mslh itu , hehe . . makasih mbk masukannya . . sangat membantu :)

  5. iya mba dari segi normatifnya..
    sebelumnya makasi saran mba buat ojk dan BI, sangat membantu, itu jadi opsi pertama.. klo dari topik office chanelling bisa bantu gambaran judul dan permasalahnnya ga mba?
    minta saran juga mba buat kasus pembobolan kredit perbankan syariah yang sudah inkracht..
    maaf mba klo merepotkan, 2 topik diatas untuk jadi opsi kalau ditolak..
    Mohon pencerahannya.
    Terima Kasih.

    • Kl menurut saya, office chanelling itu mas bisa angkat tentang kebijakannya dan bisa dibahas dari segi analisa yuridisnya.
      Kl menurut saya, kasus pembobolan kartu kredit perbankan syariah yg sdh inkracht itu mas bisa bahas dr segi pertanggungjwbnnya
      Begitu mas..

  6. Mbag akhirnya up saya keterima ni ttg pengupahan outsourcing, makasi yah mbag saran nya :)
    O, ia mbag saya boleh minta saran gak? Kan di rumusan masalah saya yang ke dua ttg apa yang dijadikan dasar untuk menentukan upah yang layak bagi tenaga kerja outsourcing. Sebaiknya pembahasannya ky gmna yah mbag? Sub bab nya ttg apa aj yah mbag? Tolong dibantu mbag. Makasi sebelumnya :)

  7. siang mbak , mau tnya saran untuk judul skripsi mbak .. mengenai perjanjian baku dalam perkembangan bisnis di indonesia .. enaknya pake judul apa y mbak ??
    terima kasih :)

      • saya taunya perjanjian baku yg d buat oleh bank untuk nasabahnya sama perjanjian baku yang d buat perusahaan untuk konsumennya ato untuk tenaga kerja nya .. saya mau ambil yg perjanjian baku perusahaan untuk konsumennya mbak . jadi itu berkaitan dengan UU perlindungan konsumen . gtu mbak . terima kasih .

      • Good,mbak.Kl mbak sudah dapat poin nya..
        Saran saya untuk judulnya “Tinjauan Yuridis atas eksistensi perjanjian baku bagi konsumen”
        Mbak bisa kembangkan sendiri kata-katanya..
        Nanti mbak bisa tinjau peraturan tentang peraturan perlindungan konsumen dan perjanjian baku itu seperti apa.

        Saran saya lebih mudah utk pakai kasus; jadi mbak bisa lihat Pasal dimana dalam Perjanjian Baku yang merugikan bagi konsumen
        Begitu,mbak..

  8. salam kenal mbag
    mbag saya minta bantuan sdikit dlam mencari judul skripsi, sblm nya judul saya di tolak masalah klausula eksonerasi. kira kira mbag ada gak yg bsa di jadikan permaslahan dalam klausula eksonerasi dari segi normatif nya..
    mohon bantuannya ya mbag..
    Trimakasi..

  9. Kak saya mau menulis skripsi tentang asuransi..sebaiknya masalah hukum apa yg harus saya angka dalam skripsi ini..?
    trimakasih sebelumnya atas saran yg akan kakak berikan

  10. Assalamualaikum mba :)
    Mba minta saran saya mau mengajukan judul tentang praktik monopoli ditinjau secara yuridis gmna yah mba ?
    Makasih :)

    • Walaikumsalam,mas..
      Kalau mas cermati pasal per pasal dalam UU Anti Monopoli ada kok celah-celah yang bisa diangkat untuk pembahasan normatif. Akan tapi, saya nggak tahu apakah dosping mas itu berkenan.
      Contohnya mas bisa kaitkan antara UU Anti Monopoli dengan peraturan hukum tentang Haki (sebut saja Franchise).
      Kalau saya lebih menyarankan mas bisa ambil kasus tentang praktik monopoli dan menganalisanya dengan UU Anti Monopoli, itu jauh lebih menarik
      Begitu mas…

  11. assalamualikum…
    mbak saya mau membuat skripsi tentang pengambilan fotokopi minuta akta dan pemanggilan notaris pasca putusan mahkamah konstitusi nomor 49/puu-x/2012
    kira-kira rumusan masalah yang bagus seperti apa ya mbak? mohon bantuannya. thank’s mbak.

  12. assalamualikum…
    mbak saya mau membuat skripsi tentang pengambilan fotokopi minuta akta dan pemanggilan notaris pasca putusan mahkamah konstitusi nomor 49/puu-x/2012
    kira-kira rumusan masalah yang bagus seperti apa ya mbak? mohon bantuannya. thank’s mbak.

  13. assalamualaikum wr wb….
    mbak mau nnya mbak,saya rencanaya mau membahas soal perbandingan pemberiian kredit lembaga pembiayaan konvensional dan lembaga pembiayaan syariah ,tp sya binggungnya referensi nya sedikit,bagusnya gimana ya mbak,,, ????penelitian saya normatif…

  14. mbak minta sarannya dong, saya mau angkat msalah perbandingan pemberian kredit pada lembaga pembiayaan konvensional dan pembiayaan pada lembaga pembiayaan syariah, kn akhir2 ini udh ada finance syariah gtu mbak, yg sya bingung literatur itu mbak, ap sama teori kredit perbankn sama teori kredit lembaga pembiayaan, sya cari teori kredit lembaga pembiayaan gak ad, begitu juga teori pembiayaan, bgusnya gmn y mbak, bingung mbak :( mhon bantuannya pdhl judul ini blm ad yg agnkt dikmpus sya

    • Setahu saya melalui literatur-literatur,memang teori tentang lembaga pembiayaan syariah itu memang sama dengan perbankan syariah,mbak; dimana ada akad-akad yang memang sama digunakan baik di perbankan syariah maupun dengan lembaga pembiayaan syariah.
      Jadi,kalau mbak mau buat skripsi secara normatif, mbak juga akan ngalamin kesulitan karena bahan pustakanya juga tidak terlalu banyak dan akan “habis” duluan dibahas pada tinjauan pustaka (bab II) sementara mbak harus bahas lagi secara normatif di bab IV. Bukan begitu,mbak?
      Saran saya, mbak mulai bisa pikirkan dengan mengambil contoh kasus baik di lembaga pembiayaan konvensional atau lembaga pembiayaan syariah, kemudian mbak analisa dengan peraturan hukum yang terkait.
      Itu akan jauh lebih mudah,mbak menurut saya..

      • ia mbak rencana rumusan masalah saya itu,
        1. bagaimana pemberian kredit di lembaga pembiayaan konfensional,?
        2.bagaimana pemberian pembiayaan dilembaga pembiayaan syariah?
        3.bagaimana analisis perbandingan pemberian kredit dilembaga pembiayaan konvensinal dan pembiayaan dilembaga pembiaayaan syariah?

        menurut mbak giimna?rencananya kalau di bab II saya bahas soal rumusan pertama,bab III rumusan masalh kedua dan bab IV rumusan ketiga, dan bab V baru kesimpulan saran..

        kalau saya ambil literatur dari peraturan hukum terkait aj gmna mbak?gpp?

      • Sebentar deh,mungkin metode penulisan skripsi (tugas akhir) di kampus saya berbeda dengan di kampus mbak ya.
        Setahu dan sepengetahuan saya,yang namanya bab 2 itu tidak membahas rumusan masalah,mbak. Melainkan, data pustaka apa saja yang menjadi dasar atau teori dari judulnya,mbak.
        Nah,kalau dimasukkan ke bab 2 untuk rumusan masalah 1, bukannya itu jadi tidak menyeluruh dari seluruh rangkaian judul skripsi mbak ya?

        Menurut saya gini, deh..Mbak bisa tulis dari rencana rumusan masalah mbak itu
        1. Bab II (rumusan 1 dan rumusan 2)
        2. Bab III (rumusan 3)
        3. Bab IV (studi kasus yang sederhana dari lembaga pembiayaan baik yang konvesional maupun yang syariah)
        Memang agak susah,tapi menurut saya itu yang paling mudah nantinya buat mbak karena mbak nggak akan kehabisan bahan untuk membahas dan skripsi mbak nggak akan membahas itu-itu lagi..

        Ya memang dari peraturan hukum,mbak. Mungkin mbak bisa cari literatur buku tentang perbankan juga, walau sebagian besar buku perbankan juga memuat tentang peraturan hukum ya..
        Kalau mbak masih bingung,nggak ada salahnya mbak ajukan dulu ke dosping mbak dengan membawa 2 draft (1 draft dari mbak (sesuai dengan rencana mbak) dan 1 draft dari saya (yang bab IV ini memuat kasus sederhana (untuk rumusan masalahnya dan bentuk pembahasannya)). Kita lihat respon dosping mbak seperti apa dan nanti, kita diskusi lagi..

      • mmmmm,makasii ya mbak,,ide mbak luar biasaa,,
        ntar deh saya coba ajuin dlu,,,

        ia mbak,klau metopel di kampus saya kalau yang normaif bab 2 itu langsung bahas rumusan masalah,gak pke tinjauan pustaka lagi,,,

        tp yang saya bingung kasus apa ya yang saya ambil mbak?bingung :(

      • Berarti tinjauan pustakanya ada di bab I ya?

        Ya,coba mbak googling dulu,untuk perjanjian yg sifatnya sederhana seperti jenis Akad Murabahah.
        Atau mbak bisa tanya2 dulu ke lembaga pembiayaan yang dekat dengan domisili mbak, sampaikan dalam rangka pembuatan skripsi. Paling tidak mencoba dulu…

    • iya mbak,tinjauan pustakanya dimasuk in di kerangka teorinya nya,

      mbak mau nnya teori kredit n pembiayaan di lembga pembiayaan sama gak dengan teori kredit dan pembiayaan di perbankn?soalnya gak nemu referensi di LP, adanya diperbankan aja,, :( bingung
      maaf ya mbak saya bnyak nanya

  15. Assalamu’alaikum,
    mbak, perkenalkan saya Nurhayati jurusan Ilmu Adm. Negara FiSIP USU (konsentrasi bisnis)
    saya mau minta saran mbak kemungkinan ada 2 judul yang akan saya angkat..yang pertama terkait seputar perbankan syariah.. yang kedua mungkin masalah minat investor asing terkait penanaman modal di Medan, Sumatera Utara.. jikalau dikaitkan dgn HAKI sendiri, gimana mbak masih bisa diterima nggak ya mbak? klu bisa mohon sarannya lebih lanjut mbak..lebih cocok ke hukum Pasar Modal, hukum Perbankan, atau, hukum Investasi *promosi* seperti yang sudah mbak paparkan di atas.. syukron katsiran.. :)

    • Walaikum salam..
      Saya mau tanya sama mbak Nur terlebih dahulu ya
      1. Apa judulnya yang akan mbak angkat?Kan mbak sampaikan ada 2 judul yg mbak akan angkat kan?
      Kalau saya,sih,judul yang mau mbak angkat ya harus original ya.
      2. Ketika mbak berminat untuk mengagkat ttg investor asin terkait dengan penanaman modal, apa yang mbak ketahui tentang penanaman modal itu sendiri? Jawabannya atau cluenya mbak Nur itu gampang kok,ketika sudah tahu,mbak Nur bisa langsung tarik minat mbak itu ke sub hukum bisnis yang mana..

  16. mbak.. mohon bantuannya hehehe
    ini mau skripsi..pengennya sii bahas tentang persaingan usaha tapu masi bingung.
    makasii mbak.. bener” di tunggu replynya yaa

  17. salam mu’alaikum mba’aku yuyun..
    aku mau tanya mengenai skripsi yang aku mau angkat tentang efektifitas putusan BPSK yang dijatuhkan dalam waktu 21 hari kerja setelah gugatan diterima..
    aku mau meneliti secara empiris, tp aku msh bingung dgn judul dan perumusan masalahnya mba’..
    mohon bantuannya mba’

    • Walaikumsalam..

      Ya menurut saya,judul untuk penelitian empiris yg mbak bisa kembangkan
      “Keefektifan atas Pelaksanaan Putusan BPSK berdasarkan UU tentang Perlindungan Konsumen”
      Rumusan masalah : Bagaimana keefektifan pelaksanaan putusan BPSK berdasarkan UU tentang Perlindungan Konsumen?”
      Saran saya mbak bisa ambil lebih 3-4 sampel untuk pembahasannya jadi nanti bisa dilihat dengan jelas bahwa putusan yang dilakukan oleh BPSK itu efektif atau tidak. Bahkan,kl mbak mau, semakin banyak responden (konsumen) lebih bagus. Tergantung nanti dikonsultasikan lg ke dosping.

  18. salam kenal mbak, minta saran nih mbak, saya mendapat pk (program kekhususan) di bidang perdata murni.., kira-kira judul yang bagus untuk skripsi apa ya mbak?? saya lebih tertarik tentang jaminan dan perikatan.., kira-kira judul yang cocok apa mbak?? makasih sebelumnya

    • Gini,mbak..
      Jaminan dan perikatan itu masih luas kan cakupannya?
      Saya ambil contoh, masih ada jaminan fidusia dan hipotik..
      Saran saya gini,mbak senangnya dimana (fokuskan mau di jaminan (apabila,iya,jaminan apa) atau di perikatan?)?Cari kasusnya dan setelah itu kita diskusi kembali supaya bisa lebih mengkerucut diskusi dan gambaran judulnya bisa dapat diperoleh dengan lebih cepat..

  19. mbak…minta sarannya donk…saya juga tertarik buat judul skripsi tentang investor asing terkait penanaman modal…apalagi di kota saya tinggal ini sangat susah sekali buat investor asing utk melakukan penanaman modal…jangankan investor asing…investor dalam negeri juga kurang berminat nanamin modalnya…itu dikarnakan susahnya izin,administrasi,atau budaya adatnya,,jadi judul yang cocok menurut mbak terkait hal di atas apa ya???sblumnya maaf pnjang bngt postingannya….trima kasih mbak

      • mbak saya sudah mengajukan judul tentang perlindungan hukum bagi kreditur dalam eksekusi perjanjian kredit dengan jaminan hak tanggungan tapi ditolak dosennya minta yang lebih spesifik lagi
        kira2 bagaimana itu mbak?

      • Mungkin dosen mbak minta bagaimanakah jaminan hak tanggungan itu dibebankan pada obyek dengan kepemilikan yang lebih spesifik.
        Coba mbak tanya kembali, bentuk spesifik apakah yang dikehendaki oleh dosping mbak..

  20. selamat siang mbak, saya mau ambil skripsi tentang perlindungan konsumen. tapi lebih ke kasus, seperti sengketa antara nasabah dengan perusahaan asuransi, minta saran untuk tentuin kata-kata yg pas buat judulnya. maksih mbak

  21. mbak saya sedang menyusun UP dan saya bermaksud memakai judul “Tanggung jawab perusaaan jasa pengiriman barang terhadap kelalaian pada barang pengiriman” bagaimana menurut mbak saya bisa meninjaunya dari uu pengangkutan? trimakasih sebelumnya :)

  22. Saya konsentrasinya di perdata bisnis. Mbak saya msih bingung dengan judl saya, rencananya saya mau ngebahs ttg transaksi repurchase (repo) tpi sya masih bingung, mgkin mbak ada masukan terkait judul saya apa saja bhsan menarik dr sana yg bisa diambil. Maksih mbak

    • Saran saya,kalau mbak nggak yakin dengan pilihan topik yang ini,ada 2 opsi yang mbak bisa lakuin mbak yaitu (1) mbak harus telaten dan sabar atau (2) mbak cari topik yang mbak yakin menguasainya.
      Soalnya kalau saya lihat dari 2 pertanyaan mbak ini, kok ngambang semuanya dan mbak keliatan bingung sekali.
      Begini aja, mbak kalau benar2 mau bahas ttg repurchase agreement, mbak harus kuasai betul dan bakal telaten untuk mengerjakannya..

  23. Mbak mohon pencerahannya dong mbak, saya rencananya mau ngebahs ttg transaksi repurchase agreement (repo) tpi saya msih bingung mbak, mgkin mbak ada msukan, mnrt mbak memperoleh data ttg itu sulit gk, apalgi sya tdk pnya link di bank. Tpi rencananya pengen normatif aja mbak.

  24. mbak saya ingin mengajukuan UP tentang restitusi pajak perusahaan yang mengalokasikan dana CSR .. klo menurut mbak rumusan masalah yang cocok apa ya ? terimakasih

  25. selamat siang mbak, saya mau ambil
    skripsi tentang perlindungan konsumen. tapi
    lebih ke kasus, seperti sengketa antara
    nasabah dengan perusahaan asuransi,
    minta saran untuk tentuin kata-kata yg pas
    buat judulnya. maksih mbak

    • Kalau kata-kata yang pas buat judul itu kewenangannya ada di dosping jd saya juga nggak bisa bantu untuk membuatkan judul yang pas.
      Tapi, kalau sekedar gambar besar, Judul yang bisa dikembangkan “Aplikasi Perlindungan Hukum terhadap Nasabah dengan Perusahaan Asuransi berdasarkan Undang-Undang Nomor ___ tentang Perlindungan Konsumen (studi kasus : _____)”
      Sebenarnya lebih enak lagi,apabila ada satu ketentuan yang ada dalam perjanjian perusahaan asuransi tsb yang sudah ditemukan dan dianggap memberatkan bagi konsumen untuk ditulis di dalam judul jadi judul bisa lebih jelas dan spesifik..

  26. Malam mba,
    Mba saya minta saran dong, saya mau ambil skripsi ttg hukum bisnis pariwisata dikaitkan dengan hukum lingkungan, kira2 gimana ya? Makasih mba

      • mbak saya minta ijin menggunakan judul ini Tinjauan yuridis mengenai persetujuan kurator atas perubahan Anggaran Dasar bagi Perseroan Terbatas yang telah dinyatakan pailit.
        kalau dijadiin empiris bisa?
        terimakasih…

      • Bisa saja,mbak dijadikan empiris. Malah mbak Annisa lebih enak membahasnya.
        Mbak tinggal cari kasus dimana AD PT yang telah dipailitkan itu dilakukan perubahan dan harus minta persetujuan dari Kurator

  27. mbak saya dina, saya ingin bikin judul skripsi terkait transaksi repurchase agreements (repo) cuma saya masih bingung permasalah yg menarik yg bisa diambil. mngkin mbak ada masukan terkait transaksi repo. mkasih ya mbk.

  28. assalamualaikum mbaQ yuyun
    mohon bantuanny nih ,, sya sedang menjalani skripsi nih mbaQ
    saya mau ngangkat masalah perlindungan hukum bagi pengusaha meubel mbaQ
    permasalahannya itu kan masalah modal yang dipinjam terlalu mencekik dari bank mbaQ ,,,
    gmna ya itu rumusannya ,,,,,
    masih bingung nih masalah judul , udah hampir tiga minggu g’ dapet dapet judul ,,,,,
    pengen ngangkat permasalahan koperasi sih , tapi buntu banget sama permasalahnnya nih ,, mohon bantuannya mbaQ , terima kasih

  29. ass mba, saya tertarik utk meneliti dibidang perbankan. hal hal apa saja yang mesti saya perhatikan agar mendapatkan judul yang baik. oh iya apakah permasalahan perbankan syari’ah masuk kedalam penjurusan hukum perdata dagang?
    terimakasih sebelumnya,

    • Walaikumsalam..
      Ya,mbak ikuti saja isu2 tentang perbankan,nanti mbak juga akan ketemu yang judul yang pas..
      Setahu saya,ya,kalau perbankan syariah sudah pasti masuk di hukum dagang ya. Tapi,kalau seumpama mau dikaitkan dengan perjanjian standar-nya, saya rasa bisa dikaitkan dengan hukum perdata,mbak..

      • kalau saya mengambil judul “Tinjauan Yuridis Manajemen Risiko pada Bank dalam Kaitannya dengan Bancassurance” sebaiknya pembahasannya gimana ya mba. saya mau meneliti dari sergi normatifnya. maaf ya mba banyak nanya. saya baru mau membuat proposal untuk matakuliah metode penelitian dan penulisan hukum jadi belum begitu mengerti mengenai seluk beluk mengenai hal tersebut :) terimakasih

  30. mbak mohon bantuannya ny ttg franchise ditinjau dr hk anti monopoli.. judul atau rumusan masalahnya yg tepat gmn yah

Leave a Reply

